Bitung, AntaraSulut -Wali Kota Biutng Maxmiliaan Jonas Lomban SE. MSi mengatakan, para pengurus Penyelenggaran Hari Besar Islam (PHBI) agar segera dan secepatnya merealisasikan peprogram kerjanya.
    "Setelah dilantik maka para pengurus segera langsung bergerak cepat mengantisipasi perayaan Hari Besar Islam, kata . Lomban saat  melantik pengurus Penyelenggaran Hari Besar Islam (PHBI) Kota Bitung di balai Pertemuan Umum,Kota Bitung,  Sulawesi Utara, Sabtu.
    Didampingi Sekretaris Daerah Kota Bitung Drs. Audy Pangemanan, AP, M.Si, Wali Kota mengatakan,  para pengurus PHBI yang telah dilantik para pengurus PHBI diminta untuk senantiasa proaktif berkreasi dan berinovasi dalam mewujudkan program Pemerintah Kota Bitung khususnya dibidang religi.
    Lomban mengatakan, peringatan Hari Islam adalah suatu peringatan yang tidak asing lagi, baik dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Negara memfasilitasi pelaksanaan kegiatan tersebut, terbukti bahwa Negara menetapkan PBHI menjadi hari libur nasional.
    Karena itu, kata Lomban, sebagaimana hari besar nasional dan juga hari besar agama non Islam. Bagi umat Islam PHBI mempunyai peran yang strategis untuk meng-up grade kebiasaan pengamalan ajaran Islam yang kadang sudah mengalami kelesuan. 
    "Apalagi dalam waktu dekat akan ada ibadah puasa bagi Umat Muslim, menjadi tanggungjawab bersama agar penyelenggaran itu berlangsung hikmat," kata Lomban.
    Lomban juga mengajak, masyrakat non Muslim agar bersama-sama mendukung setiap kegiatan hari Besar Islam, dalam rangka mewujudkan toleransi antar umat beragama di Kota Bitung.
    "Mari kita wujudkan kebersmaan antar sesama umat beragama di Kota Bitung yang sudah lama dikenal tolerransinya dan kebersamaan," demikian Lomban.
    .


Pewarta : Marlita Korua
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024