Manado, (AntaraSulut) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menjajaki kemitraan dengan perusahaan "IDEA Consultant Inc" Jepang di sejumlah bidang, kata Gubernur Olly Dondokambey saat melakukan kunjungan kerja ke "Negeri Sakura", Rabu.

"Jadi ada beberapa sektor yang dijajaki untuk dikerjasamakan dengan perusahaan itu, seperti kemaritiman, pariwisata serta normalisasi Danau Tondano," kata Gubernur Olly seperti dikutip Kepala Bagian Humas Roy Saroinsong di Manado, Rabu.

Sektor lainnya yang juga berpeluang untuk dikerjasamakan adalah investasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung-Minahasa Utara.

"Dari sisi potensi bidang kelautan dan perikanan cukup menjanjikan. Apalagi potensi yang dimiliki itu ditunjang dengan posisi strategis Sulut di bibir pasifik," katanya.

Perusahaan IDEA Consultans Inc secara periodik melakukan kerja sama dengan Universitas Sam Ratulangi.

Di akhir pertemuan tersebut juga dilakukan pertukaran cinderamata antara kedua belah pihak.

Turut serta pada pertemuan bilateral tersebut di antaranya Ketua DPRD Andre Angouw, Sekprov Edwin H Silangen SE MS, Rektor Unsrat Prof DR Ellen Kumaat DEA, Anggota DPRD Sulut Rocky Wowor, serta Kadis Pendidikan Gemmy Kawatu SE.

Sebelum pertemuan dengan IDEA Consultant Inc, dalam kunjungan ke Jepang, Gubernur menyempatkan diri berdialog dengan siswa magang di Osaka.***3***

(T.K011/C/Y008/Y008) 29-03-2017 21:17:51

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024