Manado, 22/3 (Antara) - Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menargetkan pertumbuhan ratusan wirausaha baru di 2017 karena potensinya di daerah tersebut cukup besar.

"Tahun ini kami menargetkan pertumbuhan wirausaha baru industri kecil menengah (IKM) Sulut sebanyak 450 unit usaha," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut Jenny Karouw di Manado, Rabu.

Jenny mengatakan penumbuhan wirausaha baru tersebut lewat bimbingan teknis, fasilitasi jaringan pemasaran, fasilitasi sertivikasi mutu, atribut produk, fasilitasi tempat produksi dan bantuan mesin peralatan bagi IKM tersebut.

Disamping itu, katanya, Disperindag Sulut juga akan terus mencanangkan program serupa setiap tahunnya, sehingga, semakin banyak IKM di daerah ini.

Sehingga, katanya, pihaknya juga mengharapkan agar pengusaha menjadi mitra aktif bagi Pemerintah dalam menumbuhkan wirausaha baru terutama di sektor IKM.

Langkah ini juga, katanya, menjadi salah satu upaya strategis meningkatkan penyerapan tenaga kerja dan pemerataan ekonomi di seluruh wilayah Indonesia.

Dia mengatakan sampai dengan akhir tahun 2016, tercatat kurang lebih 22.549 unit usaha IKM di Sulut dengan tenaga kerja sebanyak 251.495 orang.

Serta, katanya, nilai investasi sebesar Rp987,59 miliar dengan nilai produksi sebesar Rp1,87 triliun.

"Melihat potensi di Sulut angka ini memang masih kecil, sehingga program penumbuhan wirausaha baru akan terus dilakukan," jelasnya.

***3***



(T.KR-NCY/B/E008/E008) 22-03-2017 21:28:47

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor :
Copyright © ANTARA 2024