Manado, 24/3 (Antara) - Sekretaris Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulawesi Utara Frangky Nayoan meminta pemerintah daerah (Pemda) agar terus menambah objek wisata di daerah tersebut.

"Objek wisata masih dirasakan kurang, harus ditambah lagi," kata Frangky di Manado, Jumat.

Pemda harus kerja keras dengan menambah objek wisata, atau merenovasi yang sudah ada agar lebih baik.

Dia mengatakan untuk mengembangkan pariwisata di Sulut perlu adanya sinergi antara pemerintah, komunitas dan kalangan pariwisata, serta pemangku kepentingan lainnya.

Memang, katanya, objek wisata di Sulut mulai banyak namun belum dikemas dengan baik, sehingga tidak bertahan lama.

"Objek wisata alam, contohnya, sebenarnya sangat indah namun perlu ada sentuhan dari pemerintah atau pihak swasta, sehingga makin banyak wisatawan yang datang ke Sulut," jelasnya.

Ia menjelaskan seiring dengan bergairahnya industri perhotelan. Pemda juga harus mampu menambah destinasi wisata, sekaligus dengan perbaikan infrastruktur di lokasi objek wisata.

"Untuk saat ini kita masih terpaku turis dari satu negara. Ke depan, kita juga harus mampu mendatangkan turis dari negara-negara lainnya," harapnya.

Jumlah wisman yang datang ke Sulut semakin banyak khususnya dari Tiongkok, juga dari negara-negara lain di Asia, Amerika, Eropa dan Afrika.***1***



(T.KR-NCY/B/G004/G004) 24-03-2017 13:02:55

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor :
Copyright © ANTARA 2024