Tomohon, (AntaraSulut) - Kejaksaan Negeri dan Pemerintah Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) menggiatkan program bersama "Jaksa Masuk Sekolah" untuk meningkatkan kesadaran siswa terhadap hukum.

"Kegiatan seperti ini penting karena pelajar merupakan gerbong utama dari suatu generasi muda yang mempunyai posisi dan peran strategis dalam pembangunan dan masa depan bangsa ke depan," kata Kepala Kejaksaan Negeri Moh. Noor SH MH.

Program ini lanjut dia, diharapkan dapat mewujudkan revolusi karakter bangsa sebagaimana tercantum dalam agenda pembangunan nasional "Nawa Cita".

Kajari juga memberikan apresiasi kepada pemerintah kota yang mendukung dan mamfasilitasi program "Jaksa Masuk Sekolah" dengan membangun gedung representatif yang rencananyaakan diresmikan bersamaan dengan dilaksanakannya lomba ekspose prestasi dan kreativitas siswa bersama jaksa masuk sekolah (ekspresi-JMS) 2017.

Lomba-lomba "Ekspresi-JMS" yang diselenggarakan tingkat di SD, SMP dan SMA yaitu kolintang, yel yel, pidato, stand up comedi, jaksa cilik serta duta adhyaksa.

Asisten Perekonomian Ronni Lumowa menambahkan, pendidikan membawa peran penting dalam kemajuan bangsa sehingga kesadaran hukum harus ditanamkan kepada siswa sejak dini.

"Salah satu hal yang paling sederhana yaitu melalui kesadaran dan kepatuhan terhadap peraturan dan tata tertib sekolah," ujarnya.

Program "Jaksa Masuk Sekolah" diharapkan memperkuat karakter siswa sebagai penerus bangsa yang unggul, berkualitas, berkarakter kebangsaan dan taat pada aturan hukum yang berlaku.

"Kami berharap kegiatan ini dapat membekali para siswa dan institusi pendidikan bukan hanya memiliki pengetahuan tetapi sadar dan taat pada hukum yang berlaku" tambahnya.

Program ini lanjut dia, terus diupayakan agar semakin baik dan berkualitas setiap tahunnya sehingga kesadaran hukum menjadi budaya di kalangan siswa dan masyarakat Kota Tomohon.

"Pemkot pastinya akan mendukung kegiatan yang bertujuan meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan ini," katanya.***2***






Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024