Manado, (Antara) - Pemerintah Provinsi (pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) melalui Dinas Ketahanan Pangan Sulut sedang merintis gerakan tanaman cabai (gerta cabai).
"Program ini sedang dirintis dengan Tim Penggerak PKK Sulut untuk mengatur pola yag tepat dalam penerapannya di lapangan," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sulawesi Utara, Jemmy Kuhu, di Manado, Rabu.
Kuhu mengatakan, Gerta tersebut juga merupakan program nasional yang diluncurkan akibat naiknya harga cabai di tingkat pasar yang menembus angka ratusan ribu.
Menurut Kuhu, selain itu pemprov sedang menggalakkan program lumbung pangan masyarakat, dan dalam menunjang nawacita akan melaksanakan kawasan rumah pangan lestari yang menggunakan lahan pekarangan masyarakat.
"Komoditi yang nantinya diusahakan, sedang dibahas dengan 15 kabupaten dan kota di Sulawesi Utara," kata Kuhu.
Dia menambahkan pemerintah sedang memperkuat jaringan distribusi pangan agar sampai di tangan masyarakat masih dalam keadaan layak dikonsumsi.
Tujuan ketahanan pangan, kata Kuhu, bukan hanya menyediakan pangan tetapi bagaimana masyarakat dapat memperoleh bahan pangan dan memanfaatkannya untuk memperkuat pangan di tingkat masyarakat. ***3***


Pewarta : Marlita Korua
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024