Kamis, 19 Oktober 2017

Pemkab Sangihe rintis rute tol laut Surabaya-Tahuna

id Pemkab Sangihe rintis rute tol laut
Pemkab Sangihe rintis rute tol laut Surabaya-Tahuna
Velma Maheso Kadis Perindag Sangihe (1)
Kami sudah melakukan komunikasi dengan Kementerian Perhubungan dan Perdagangan agar diberikan kapal baru untuk melayani rute Surabaya-Tahuna
       Sangihe,  (Antara) - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Velma Maheso mengatakan pemerintah kabupaten (Pemkab) sedang merintis rute tol laut Surabaya-Tahuna.

        Kami sudah berkomunikasi dan melobi beberapa pengusaha Surabaya dan Kementerian Perdagangan dan Perhubungan untuk membuka tol laut Tahuna-Surabaya," kata Velma di Tahuna, Selasa.

         Usaha yang dilakukan, kata dia juga menghadirkan perwakilan Kementerian Perdagangan untuk berkunjung ke Sangihe sekaligus berdialog dengan pengusaha.

        "Kementerian Perdagangan sangat mendukung rencana pembukaan jalur tol laut Surabaya-Tahuna," kata dia.

          Jalur tol laur Makassar-Tahuna yang ada sekarang ini, kata dia belum menjawab semua kebutuhan masyarakat yang ada di Kabupaten Sangihe.

         "Komoditas yang diangkut kapal tol laut jalur Makassar-Tahuna yang ada sekarang ini, baru tiga jenis yaitu semen, beras serta tepung terigu," kata dia.

         Jadwal kehadiran kapal juga sampai saat ini belum tepat waktu yakni mencapai dua minggu sekali sebab KM Caraka yang digunakan sangat pelan.

          Kami sudah melakukan komunikasi dengan Kementerian Perhubungan dan Perdagangan agar diberikan kapal baru untuk melayani rute Surabaya-Tahuna," kata dia.

          Usulan itu juga dipenuhi Kementrian terkait ketika jalur dari Surabaya-Tahuna difungsikan.

          Dia berharap dalam waktu dekat tol laut Surabaya-Tahuna sudah berfungsi sehingga bisa menekan harga kebutuhan masyarakat yang selama ini dinilai sangat mahal.

          "Kami berharap jalur tol laut Surabaya-Tahuna bisa menjawab kebutuhan masyarakat untuk menekan harga kebutuhan masyarakat," kata dia.***1***







(T.KR-JRL/B/G004/G004) 18-04-2017 21:42:04

Editor: Guido Merung

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga