Minahasa Tenggara, 20/2 (Antara) - Para pekerja pers yang tergabung dalam organisasi Jurnalis Minahasa Tenggara (JMT) akan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) pada 27-28 Februari, mendatang.
"Sesuai dengan tuntutan saat ini, maka kami JMT akan menggelar UKW bagi sekitar 20 orang wartawan yang melaksanakan tugas peliputannya di Kabupaten Minahasa Tenggara," kata Ketua JMT Ruland Sandag di Ratahan, Senin.
Ia menuturkan, pelaksanaan UKW tersebut pihaknya bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat.
"Kita akan melibatkan salah satu organisasi kewartawanan yakni PWI. Nantinya pengujinya kita datangkan langsung dari PWI Pusat," katannya.
Ruland menjelaskan, pelaksanaan uji kompetensi tersebut dalam rangka peningkatan kapasitas serta kualitas para jurnalis yang ada di Minahasa Tenggara.
�UKW ini untuk memantapkan profesionalitas, wawasan dan etika wartawan. Sebab itu kita harus mengikuti perubahan ke arah peningkatan kompetensi guna mendapatkan sertifikat menjadi wartawan yang berkompeten dengan profesinya,� katanya.
Selain itu diungkapkan Ruland para wartawan di Minahasa Tenggara dapat memahami tugas dan kedudukan sebagai seorang jurnalis.
"Ini juga untuk lebih menguatkan pemahaman bagi para wartawan yang harus menjadi penyeimbang dalam memberikan informasi yang jelas, sehingga informasi yang diberikan kepada masyarakat akurat dan akuntabel dan dipercaya kebenarannya," tandas Ruland.***4***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024