Manado,  (AntaraSulut) - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyerahkan hak pengelolaan Taman Hutan Raya (Tahura) Gunung Tumpa di Kota Manado kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Sudah diserahkan kewenangan pengelolaannya kepada kami (Pemprov Sulut)," kata Wakil Gubernur Steven Kandouw di Manado, Minggu.

Setelah diserahkan, pemerintah provinsi dapat membangun hotel ataupun "cottage" di atas gunung yang memiliki ketinggian 700 meter di atas permukaan laut itu, katanya.

"Jadi pemerintah pusat memberikan kewenangan 1.000 persen lebih untuk mengelolanya. Ke depan juga akan ada kegiatan nasional dan internasional yang akan diselenggarakan di lokasi tersebut seperti kejuaraan dunia paralayang," katanya.

Penyerahan kewenangan pengelolaan Tahura itu karena pemerintah pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menilai pemerintah provinsi sukses melakukan upaya-upaya pelestarian kawasan lindung di provinsi berpenduduk lebih dari 2,5 juta jiwa, ujarnya.

"Mudah-mudahan dengan dikelolanya kawasan ini ikut mendukung geliat pariwisata yang menjadi andalan Provinsi Sulut," harapnya.***1***





(T.K011/B/G004/G004) 05-02-2017 20:14:24

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024