Oleh Karel A Polakitan

Tomohon, 22/9 (Antara) - Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Rusdi Kirana mengajak pemerintah Kota Tomohon dan masyarakat Sulawesi Utara (Sulut) serius memajukan sektor pariwisata.

"Ulang tahun Provinsi Sulut ke- 52 pada tanggal 23 September 2016 hendaknya menjadi momentum mengembangkan pariwisata sebagai primadona dalam memajukan perekonomian masyarakat," kata Rusdi saat berdialog dengan Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman dan Wakil Wali Syerly A Sompotan di Tomohon Kamis.

Dia mengajak Pemerintah Kota Tomohon bekerja sama membangun hotel yang berkapasitas di atas 1.000 kamar serta menyediakan lahan untuk pembangunan infrastruktur tersebut.

"Hal ini merupakan sarana penunjang bagi kunjungan wisatawan di Sulut terlebih di Kota Tomohon. Bahkan hal ini akan membawa perubahan atau pertumbuhan ekonomi melalui sektor pariwisata," katanya.

Pengembangan sektor pariwisata di kota berpenduduk lebih dari 100 ribu jiwa ini potensial karena didukung banyak tempat wisata yang menjadi daya tarik pengunjung domestik dan mancanegara, katanya.

"Potensi wisata yang dimiliki ini menjadikan Tomohon lebih dikenal bukan hanya di Indonesia tetapi juga di kalangan wisatawan internasional," ujarnya.

Wali Kota Tomohon memberikan apresiasi kepada pihak Watimpres yang berkerinduan mengembangkan perekonomian di daerah ini.

"Pemerintah kota tentu menyambut baik program ini, meski begitu kami pun akan mengkaji lebih dulu secara matang dengan melibatkan berbagai pihak," ujarnya.

Lagi menurut Wali Kota, pemerintah daerah akan menyediakan lahan yang luasnya di atas 10 hektare untuk membangun fasilitas penunjang kepariwisataan.

"Kami menyatukan tekad dan mensinergikan program konkrit memajukan pariwisata dengan meningkatkan mutu pelayanan bagi para wisatawan melalui penyediaan infrastruktur penunjang serta sumber daya manusia yang memadai. Kami terus melakukan pembenahan berkaitan dengan hal-hal yang masih kurang," katanya.

Usai dialog, rombongan Rusdi Kirana, Dirut Lion Air Group Edward Sirait, Dirut Wings Air Ahmad Hasan, Dirut Lion Air Ruddy Lumingkewas mengunjungi salah satu destinasi wisata Kota Tomohon, Danau Linow.***1***





(T.K011/B/G004/G004) 22-09-2016 16:33:51

Pewarta :
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024