Manado,  (AntaraSulut) - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengajak anggota Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) memanfaatkan peluang usaha kerajinan tangan untuk mendukung sektor pariwisata.

"Kerajinan tangan dapat menjadi cenderamata bagi wisatawan manakala akan kembali ke daerah asal. Ini bisa menjadi peluang yang bisa dimanfaatkan," kata Gubernur Dondokambey di Manado, Senin.

Gubernur menambahkan, saat ini pemerintah provinsi terus menggenjot sektor pariwisata sebagai salah satu unggulan mendorong perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Langkah yang diambil adalah dengan membuka penerbangan langsung dari beberapa kota di Tiongkok ke Manado, dan dalam waktu mendatang diikuti beberapa negara.

"Pengembangan sektor pariwisata belum diimbangi dengan ketersediaan jenis dan jumlah kerajinan tangan yang dipasarkan bagi untuk wisatawan yang berkunjung ke daerah ini," katanya.

Namun manakala PWRI memanfaatkan peluang itu, kata gubernur, akan menggerakkan ekonomi daerah, mengurangi pengangguran, menciptakan lapangan kerja baru menyukseskan program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK).

"Pemerintah daerah akan memberikan fasilitas permodalan serta pelatihan tenaga kerja bagi PWRI yang mau memanfaatkan peluang ini," katanya.

Gubernur mengajak momentum peringatan ulang tahun ke-54 PWRI dapat menjadi lompatan bermakna bagi pembangunan dan ekonomi daerah serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.***3***



(T.K011/B/E005/E005) 29-08-2016 20:20:39

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024