Tomohon, 7/8 (Antara) - Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw mengatakan "Tomohon Linow Lake 10K" yang digelar, Sabtu (6/8) dapat mendorong sektor pariwisata di kota berpenduduk lebih dari 100 ribu jiwa tersebut. 

"Kami memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini yang diyakini dapat memajukan pariwisata," kata Wagub di Manado, Minggu.

Pemerintah provinsi kata dia, akan berupaya maksimal mendorong iven yang memasuki tahun kedua ini menjadi lomba bertaraf internasional

"Iven ini juga akan menjadi sport tourism bagi para pegiat olahraga lari, baik nasional maupun mancanegara," katanya.

Ketua DPRD Sulut periode 2014-2015 ini menambahkan, pemerintah provinsi memiliki komitmen kuat mendorong sektor pariwisata sebagai daya ungkit perekonomian dan pembangunan daerah.

"Pemerintah daerah berupaya maksimal melakukan terobosan agar semakin banyak wisatawan yang datang berkunjung ke daerah ini, seperti yang dilakukan saat ini dengan membuka penerbangan langsung dari kota-kota di Tiongkok menuju ke Manado," ujarnya.

Wagub juga memberikan apresiasi atas terselenggaranya "Festival Panas Bumi" yang menjadi iven pendukung "Tomohon International Flower Festival" yang diinisiasi Pemerintah Kota Tomohon dan Universitas Gadjah Mada didukung Pemerintah Provinsi Sulut.

"Festival panas bumi adalah Science Tourism yang unik dan langka di persada nusantara. Terima kasih untuk terobosan-terobosan yang dilakukan pemerintah daerah memajukan sektor pariwisata," katanya.

Berikut pemenang lomba "Tomohon Linow Lake 10K" kategori putra 10 kilometer, Agus Prayogo (Jawa Barat), Johari Johan (Sumatera Selatan), dan Nursodik (Yogyakarta), sementara putri Yanita Sari (Riau), Olivia Sadi (Nusa Tenggara Timur), dan Odekta Vina (DKI Jakarta).

Sementara kategori putra lima kilometer Fian (SMA Lokon Tomohon), Asis Kendek, Renaldy Kella, dan kategori putri Asanti Kaeng (SMP Kristen Tomohon), Philia Kalalo (SMA PGRI Tomohon), Anggi Langitan.

Untuk kategori tiga kilometer putra, Juridi Kalalo (SD GMIM Rurukan), Marselino Tatontos (SD Inpres Lansot) dan Junior Makal (SD Katolik 3 Woloan), sedangkan kategori putri Maria Sambow (SD Katolik 2 Taratara), Cantika Mamuaya (SD Katolik 1 Woloan), dan Keren Toy (SD Katolik Xaverius Tomohon).***1***



(T.K011/B/G004/G004) 07-08-2016 21:37:42

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024