Manado, (AntaraSulut) - Lima. BUMN Jabar kirim Siswa ke Sulut untuk pelajari keanekaragaman hayati, budaya dan keunggulan Sulut. 
 
Kelima  BUMN Jawa Barat itu  yakni PT Bio Farma, PTPN III, PTPN VIII, Perum Jasa Tirta II (PJT II) dan PT Pupuk Kujang, minggu, 31 Juli 2016. kirim 20 Siswa SMA/SMK berprestasi dari Kabupaten/Kota Jawa Barat Ke Sulawesi Utara, untuk mengikuti pertukaran pelajar dengan siswa dari Sulawesi Utara dalam Program Siswa Mengenal Nusantara 2016 (SMN 2016) yang diprakarsai oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Pada pembukaan, Senin 1 Agustus 2016, di kantor Gubernur Sulut ruang mapaluse, mewakili gubernur dibuka oleh kepala dinas pendidikan prov sulut gamy kawatu.pada pembukaan hadir juga direktur kepatuhan dan manajemen risiko PT Jasamarga, Pandu Djajanto, jajaran Direksi PT RNI dan PT IKI, sebagai BUMN penanggung jawab Siswa mengenal Nusantara di Sulut,

 Sebelum siswa dikirim, BUMN Jabar telah sinergi dengan dinas pendidikan provinsi jawa barat dilakukan 
Seleksi yang telah diselenggarakan pada tanggal 23 Juli 2016 di Aula Mohamad Yamin, Dinas Pendidikan Jawa Barat diikuti oleh 54 peserta yang berasal dari 10 SMA dan 10 SMK yang berada di seluruh Kota / Kabupaten di Jawa Barat.
 
Koordinator SMN Jawa Barat, N. Nurlaela Arief mengatakan, “Program Siswa Mengenal Nusantara di Jawa Barat ini mengambil tema menggali potensi keanekaragaman hayati & budaya Apalagi Sulut sangat kaya termasuk kearifan lokal, siswa juga akan belajar ke sekolah unggulan, belajar kewirausahaan, pada 30 Juli – 6 Agustus 2016. 

Selain mengirim ke Sulut, kami juga mengirim siswa Jabar ke Sulut, kami juga akan menerima siswa Sulut untuk mendapatkan pembelajaran dari 5 BUMN mengenai pengenalan aktivitas dan produk BUMN, Sosialisasi kontribusi BUMN kepada masyarakat, juga penerimaan dari Gubernur / Wagub Jabar dan dinas pariwisata tentang wawasan budaya, potensi wisata, ekonomi di Jawa Barat”
 
Menurut Seger Budiarjo, Direktur Human Capital dan Umum PT PN III selaku penanggung jawab rangkaian kegiatan HUT RI di Jawa Barat, “Program tahun ini merupakan tahun ke2 yang dilakukan oleh BUMN dalam kerangka sinergi BUMN, Kami berharap dengan kegiatan SMN ini, masyarakat dapat merasakan kehadiran BUMN, khususnya generasi muda sehingga mendapatkan wawasan kebangsaan untuk bisa bersaing secara global dengan mengedepankan kearifan lokal, selain Siswa Mengenal Nusantara, juga ada Bedah Rumah Veteran, BUMN Mengajar, Pembinaan narapidana usia produktif, Kegiatan penyediaan sarana air bersih; Tempat penitipan anak di pasar; Pembinaan mantan atlet nasional, Pembinaan desa terpencil, perbatasan, dan rawan konflik, Jalan Sehat 5 KM, Pasar Murah, elektrifikasi perumahan yg belum dapat listrik, MCK, serta kegiatan Lomba yang diikuti oleh Masyarakat.

Pewarta :
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024