Tomohon, (AntaraSulut) - Wakil Wali Kota Tomohon, Sulawesi Utara Syerly Adelyn Sompotan mengatakan pelaksanaan "Tomohon International Flower Festival" (TIFF) menjadi daya dorong bertumbuhnya perekonomian daerah.

"TIFF ini merupakan agenda wisata yang menjadi pemicu semakin tingginya arus kunjungan wisatawan di Kota Tomohon dan akan memberikan kontribusi positif bagi pelaku wisata di daerah ini," kata Wakil Wali Kota Sompotan di Tomohon, Minggu.

Menurut dia, beberapa elemen yang akan menerima dampak langsung dari industri pariwisata ini adalah pemberi jasa transportasi, penginapan, restoran dan rumah makan, pemandu wisata, penjual souvenir serta pelaku wisata lainnya.

"Pemerintah kota optimistis sukses pelaksanaan TIFF pada bulan Agustus mendatang akan memberikan dampak luas tidak hanya dari sisi ekonomi melainkan sosial, budaya, kreativitas serta etos kerja yang tinggi bagi kemajuan dan kesejahteraan bersama," katanya.

Karena pariwisata telah menjadi salah satu sektor unggulan, kata dia, maju pesatnya tidak bisa dipisahkan dari peran serta para pihak termasuk masyarakat yang secara bersama-sama mampu menciptakan kondusifitas wilayah.

"Tomohon adalah kota unik di Indonesia sehingga sudah sepantasnya kita selalu menjaga, memelihara dan melestarikannya. Harapannya, ketika potensi keindahan yang dimiliki dapat dinikmati wisatawan lokal dan mancanegara akan membawa kemakmuran bagi warga kota," katanya.

Pemerintah kota lanjut dia, terus mengembangkan kepariwisataan dengan membangun sarana dan prasarana penunjang yang memberikan kemudahan bagi wisatawan mengakses daerah-daerah wisata.

"Pariwisata sebagai sebuah industri tentu harus digerakkan semua sektor termasuk di dalamnya sumber daya manusia yang memberikan pelayananan optimal bagi wisatawan. Pemerintah kota juga terus mengembangkan destinasi-destinasi wisata baru di samping yang sudah ada saat ini," katanya.

Kota berpenduduk lebih dari 100 ribu jiwa ini memiliki 21 destinasi wisata yaitu tujuh gunung, tujuh air terjun dan tujuh danau serta obyek-obyek wisata lainnya.***1***

(T.K011/B/G004/G004) 12-06-2016 22:02:10

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024