Manado, 6/6 (Antara) - Bank Indonesia (BI) memberikan bantuan bibit kelapa genjah kepada petani di Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Bantuan bibit kelapa genjah ini, kami berikan kepada petani di Kecamatan Lembean Timur dan sekitarnya sebanyak 1.000 bibit," kata Kepala BI Perwakilan Sulut Peter Jacobs di Manado, Senin.

Dia mengatakan diharapkan bantuan bibit kelapa genjah tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat karena mampu meningkatkan taraf hidup.

"Sejak masa tanam sampai panen untuk kelapa genjah tersebut hanya sekitar 2,5 tahun," jelasnya.

BI, katanya, akan terus mendorong sektor pertanian dan perkebunan di Sulut karena mampu meningkatkan perekonomian daerah dan mengentaskan kemiskinan.

Peter mengatakan bantuan bibit kelapa genjah dari BI, tidak hanya sekedar penyebaran bibit saja, tapi akan ada pelatihan dan pendampingan sehingga produksi bisa berkualitas dan menghasilkan prtoduk turunan yang diminati pasar.

Disamping itu, katanya, menanam kelapa genjah juga tidak begitu sulit dibandingkan jenis tanaman lainnya. Cara penanamannya pun cukup mudah, bibit langsung di tanam ke tanah, perlu digaris bawahi bahwa tanaman ini bisa di tanam di semua jenis lahan, jarak tanam cukup bekisar 5-10 m per pohon, cukup terkena sinar matahari, serta pemberian pupuk yang teratur.

Untuk memanen kelapa genjah ini, tidak perlu menunggu terlalu lama karena umur panen kelapa genjah lebih cepat dan mampu menghasilkan buah lebih banyak.

Semoga dengan semangat untuk melakukan perubahan, kedepan akan terjadi peningkatan pendapatan dan peningkatan kesejahteraan bagi seluruh petani di Minahasa dan sekitarnya.***3***

(T.KR-NCY/B/G004/G004) 06-06-2016 16:14:26

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor :
Copyright © ANTARA 2024