Tomohon, 1/6 (AntaraSulut) - Kepala Dinas Tata Ruang, Pertamanan dan Persampahan (tarumansa) Kota Tomohon, Sulawesi Utara ODS Mandagi berharap masyarakat menjadikan bersih sebagai gaya hidup.

"Kedepankanlah pola hidup bersih sebagai bagian bermasyarakat dengan menjadikan bersih sebagai gaya hidup kita," kata Mandagi di Tomohon, Rabu.

Menurut dia, menjadikan bersih sebagai gaya hidup dapat dipraktekkan dengan cara-cara yang terbaik dalam penanganan dan pengelolaan terutama tidak membuang sampah dari kendaraan maupun di tempat-tempat umum.

Selain itu, menghindarkan diri tidak membuang sampah ke saluran-saluran air ataupun sungai-sungai yang ada di sekitar kita.

"Buanglah sampah pada tempatnya atau menempatkannya pada tempat-tempat penampungan sampah sementara sesuai jadwal sebelum diangkut kendaraan yang disiapkan pemerintah," katanya.

Menjadikan lingkungan bersih adalah bagian dari merawat bumi sebagai warisan untuk anak cucu yang adalah masa depan bangsa.

"Marilah kita sadar dan menjaga, memelihara serta melestarikan bumi ini. Kita meneladani pola dan gaya hidup bersih secara turun- temurun. Sehingga di masa-masa depan kita menjadi manusia beradab, cerdas dan berbudaya bersih," katanya.

Menurut mantan sekretaris DPRD Kota Tomohon ini, manakala bersih telah menjadi budaya, maka masyarakat akan bertindak secara bijaksana memelihara keindahan, kesejukan dan kebersihan Kota Tomohon. ***4***

(T.K011/B/F003/F003) 01-06-2016 22:12:51

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024