Sangihe, 20/5 (Antara) - Bupati Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara HR Makagansa mengatakan, peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-108 harus dijadikan semangat untuk bangkit melawan kemiskinan.

"Masyarakat Sangihe harus mempunyai semangat untuk bangkit dari ketertinggalan serta keterbelakangan," kata Makagansa di Tahuna, Jumat.

Perjuangan pemerintah daerah, kata dia, agar Sangihe semakin maju dan semua masyarakat bisa hidup sejahtera.

Menurutnya, perlu adanya sinergi antara pemerintah dan masyarakat sehingga tujuan untuk hidup sejahtera bisa dicapai dalam usaha dan perjuangan bersama.

Sebagai daerah kepulauan dan juga perbatasan, kata dia, masyarakat Sangihe adalah benteng terdepan dalam menjaga keutuhan NKRI.

Nilai-nilai kebersamaan dan gotong royong yang diwariskan pendahulu sejak dicetuskan kebangkitan Nasional harus terus dipelihara.

Menurutnya, semangat kebangkitan harus terus digaungkan sampai ke pelosok kampung dan pulau yang ada di Sangihe, agar setiap masyarakat memiliki semangat untuk bangkit.

Kepada generasi muda, kata dia, hendaknya menjadi pelopor dalam memajukan daerah dan bangsa Indonesia tercinta.

"Saya berharap semua generasi muda Sangihe tampil di depan menjadi pelopor dalam memberikan semangat bagi masyarakat untuk bangkit dari ketertinggalan serta keterbelakangan agar setara dengan daerah lain di Nusantara tercinta," kata dia.***1***

(T.KR-JRL/B/G004/G004) 20-05-2016 21:08:25

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor :
Copyright © ANTARA 2024