Manado, (AntaraSulut) - Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Serbia dan Montenegro Harry Jems Kandou akan memfasilitasi kerja sama atau kemitraan sektor pariwisata antara pengusaha Indonesia khususnya Sulawesi Utara (Sulut) dengan pengusaha negara tersebut.

"Pariwisata di daerah ini sudah lama dikenal para turis Serbia dan Montenegro terutama objek wisata yang ada di Taman Nasional Bunaken (TNB). Panorama alam bawah lautnya sudah terkenal di seantero dunia," kata Kandou di Manado, Senin.

Putra Sulut ini mengatakan belum lama ini Presiden Serbia Tomislav Nikolic telah berkunjung di Indonesia dan telah bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo yang salah satu agenda pembicaraannya ingin membangun kerja sama ekonomi termasuk sektor pariwisata.

"Kedatangan saya ke Manado ingin menyampaikan kepada Gubernur Sulut bahwa dalam waktu dekat sejumlah wartawan Serbia dan Motenegro akan datang ke Manado. Mereka akan merekam dunia pariwisata termasuk keramahan masyarakat serta karakter pelaku usaha di daerah ini," katanya.

Dia menambahkan potensi pariwisata di daerah itu besar dan telah dilirik sejak sepuluh tahun lalu. �

Sementara itu, Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengatakan optimalisasi pengelolaan destinasi-destinasi di daerah akan membawa dampak positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sehingga, menurut mantan Ketua Komisi XI ini, pemerintah provinsi terus berupaya membenahi lokasi-lokasi wisata di daerah ini sehingga memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah itu.

"Pemerintah provinsi berharap sektor pariwisata dapat memberikan kontribusi dalam upaya pengentasan kemiskinan di daerah ini. Bahkan pemerintah daerah telah mencanangkan gerakan Save Bunaken untuk menjadikan kembali taman nasional ini sebagai destinasi wisata primadona," katanya.***1***

�

(T.K011/B/A039/A039) 02-05-2016 22:56:06

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024