Manado, (AntaraSulut) - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Sulawesi Utara Royke Roring mengatakan musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) menyelaraskan program dan kegiatan prioritas pembangunan daerah.

"Program dan kegiatan prioritas ini selaras dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan nasional serta usulan hasil musrenbang kabupaten dan kota," kata Roring pada musrenbang RKPD di Manado, Selasa.

Wadah ini, kata Roring akan mengklarifikasi usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat kepada pemerintah daerah pada musrenbang RKPD kabupaten dan kota.

"Musrenbang ini akan mempertajam indikator dan target kinerja program dan kegiatan pembangunan provinsi, menyepakati prioritas pembangunan daerah, rencana kerja dan pendanaan, serta keterkaitan visi dan misi, RPJMN dengan RPJPD dijabarkan dalam visi misi pemerintah daerah," katanya.

Roring menambahkan, keterkaitan visi misi, RPJMD dan RPJPD dijabarkan dalam tujuh misi, 17 isu strategis, 27 tujuan, 37 sasaran, 47 strategi, 54 arah kebijakan, 67 program prioritas pembangunan dan 77 target kinerja kepala daerah.

Sementara dalam RKPD 2017 kata dia dijabarkan dalam prioritas-prioritas program dan kegiatan pembangunan yang didukung dengan pagu anggaran sebesar Rp1,730 triliun untuk pendanaannya.

"Sebelum musrenbang beberapa tahapan sudah dilakukan di antaranya penyusunan draf awal RKPD, penetapan target indikator makro 2017, forum konsultasi publik untuk menghimpun aspirasi dan harapan pemangku kepentingan, penandatanganan berita acara serta penyempurnaan rancangan RKPD," katanya.

Musrenbang RKPD Sulawesi Utara dihadiri Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Kepala BPKP RI Ardan Adiperdana, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, serta Direktur Pemanfaatan Ruang Kementerian Agraria dan Tata Ruang Reny Wiendyawati.***2***



(T.K011/B/Y008/Y008) 19-04-2016 11:14:24

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024