Manado, 12/4 (Antara) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) segera menyusunan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) yang dimulai dengan musyawarah perencanaan pembangunan, kata Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Jemmy Kumendong, Selasa.

"Musrenbang penyusunan RKPD ini akan dilaksanakan bersama-sama dengan pemerintah kabupaten dan kota. Rencananya dilaksanakan pada tengah April ini," kata Kumendong di Manado, Selasa.

Musrenbang, menurut Kumendong, bertujuan menyelaraskan program dan kegiatan prioritas pembangunan daerah provinsi dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan nasional.

Program dan kegiatan prioritas ini, lanjut mantan kepala biro sumberdaya alam ini juga akan diselaraskan dengan hasil musrenbang kabupaten/kota.

"Musyawarah ini menjadi wadah mengklarifikasi usulan program dan kegiatan dari tingkatan masyarakat kepada pemerintah serta mempertajam indikator dan target kinerja pembangunan provinsi, menyepakati prioritas pembangunan daerah, rencana kerja dan pendanaannya," katanya.

Kumendong mengatakan, proses penyusunan RKPD Provinsi Sulut Tahun 2017 telah dimulai dengan penyusunan draf rancangan awal oleh badan perencanaan pembangunan daerah (bappeda) sebagaimana diatur dalam PP Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Pembangunan Daerah.

"Pada�pasal 17 ayat satu mengamanatkan bappeda yang menyusun rancangan awal RKPD ini," katanya.

Begitupun dalam Permendagri No 54 Tahun 2010 tentang pelaksanaan PP No 8 Tahun 2008 lampiran V tentang Tahapan dan Tata Cara Penyusunan RKPD.

Di sana disebutkan dengan mempertimbangkan terbatasnya waktu dan keterkaitan hubungan antarsatu kegiatan dengan kegiatan lainnya dalam proses penyusunan RKPD dan rencana satuan kerja perangkat daerah diharapkan penyusunan rancangan awal sudah harus dimulai dari bulan Desember tahun sebelumnya.

"Penyusunan RKPD ini dikuatkan dengan Surat Keputusan Gubernur Sulut Nomor 79 Tanggal 23 Penruari 2016 tentang Tim Penyusun RKPD�Provinsi Sulut," katanya. ***2***



(T.K011/B/S023/S023) 12-04-2016 22:16:08

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024