Manado, 5/1 (Antara) - Penerbangan Maskapai Garuda Indonesia dari dan menuju Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) belum terpengaruh dengan letusan Gunung Soputan.

"Sampai siang ini penerbangan Garuda Indonesia dari dan menuju Manado masih berjalan normal," kata General Manager Garuda Indonesia Cabang Manado Deddy Irawan di Manado, Selasa.

Deddy mengatakan sampai saat ini belum terpengaruh dengan semburan debu vulkanik dari Gunung Soputan, apalagi Bandara Sam Ratulangi masih membuka jalur penerbangan.

"Sampai siang ini, pihak Bandara Sam Ratulangi Manado masih membuka penerbangan, berarti belum mempengaruhi arus lalu lintas udara," kata Deddy.

Jika lalu lintas udara sudah mengalami gangguan oleh debu vulkanik Gunung Soputan pasti akan secepatnya diberikan pemberitahuan.

"Penerbangan Garuda masih berjalan normal, bagi penumpang yang sudah di bandara pasti akan berangkat sesuai jadwal hari ini," jelasnya.

Gunung Soputan yang ada di Kabupaten Minahasa Tenggara Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) kembali meletus pada pukul 06:38 Wita, Selasa.

Sebelumnya juga meletus pada pukul 20.30 Wita pada Senin (4/1) dan mengeluarkan debu vulkanik.

Awan panas letusan yang keluar dari puncak gunung, dengan jarak luncuran mencapai 2.500 meter mengarah ke tenggara timur laut

Tinggi abu letusan mencapai 6.500 meter dengan warna kelabu tebal kemerahan ke arah barat daya.

Debunya mengarah kebagian Ratahan dan Langowan.***4***Budi Suyanto

(T.KR-NCY/B/B008/B008) 05-01-2016 11:09:34

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024