Manado, (AntaraSulut) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara, melakukan pleno hasil rekapitulasi penghitungan suara pilkada gubernur dan wakil gubernur serta wali kota dan wakil wali kota secara berjenjang.

"Saat ini proses pleno rekapitulasi penghitungan suara sudah berada di tingkat kecamatan. Proses ini akan berlangsung hingga 16 Desember mendatang," kata Komisioner Beldie Tombeg di Tomohon, Jumat.

Tombeg menambahkan, KPU akan mengumumkan secara resmi hasil penghitungan suara tiga pasangan calon selesai pleno rekapitulasi penghitungan suara 16-18 Desember.

"Pleno hasil penghitungannya akan disampaikan ke wartawan melalui konferensi pers. Ini penting sehingga data yang akan dikonsumsi publik seragam," katanya.

Saat ini, lanjut dia, KPU belum memiliki data final hasil pemungutan suara pilkada 9 Desember lalu, karena setelah direkapitulasi di tingkat kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS), data tersebut akan diplenokan lagi ke tingkat panitia pemilihan kecamatan, selanjutnya diplenokan terakhir ke tingkat KPU kota.

"Kita tunggu saja hasil pleno rekapitulasi penghitungan suara untuk mengetahui hasil perolehan suara ketiga pasangan calon," ujarnya.

Pilkada di Kota Tomohon diikuti tiga pasangan calon, yaitu Johny Runtuwene-Vonny J Paat (PDIP), Jimmy F Eman-Syerly A Sompotan (independen) dan Linneke S Watoelangkow-Ferdinand Mono Turang (Partai Demokrat/Partai Gerindra).

Sementara pilkada gubernur dan wakil gubernur diikuti Olly Dondokambey-Steven Kandow (PDIP), Maya Rumantir-Glenny Kairupan (Partai Gerindra/Partai Demokrat) dan Benny Mamoto-Dabid Bobihoe Akib (Partai Golkar).***2***





(T.K011/B/S023/S023) 11-12-2015 21:11:12

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024