Manado, (Antarasulut) - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Manado, Sulawesi Utara, Kamis, mengumumkan daftar kekayaan delapan kandidat calon wali kota dan wakil wali kota peserta Pilkada serentak 2015. 

"Pengumuman daftar kekayaan yang kami sampaikan sesuai dengan LHKPN para kandidat dengan nominalnya masing-masing," kata Ketua KPU Manado, Eugenius Paransi, di Manado, Kamis. 

Paransi mengatakan, berdasarkan data yang dilaporkan, pemilik harta kekayaan terbanyak adalah kandidat wakil nomor urut satu Jemmy Asiku dengan total harta kekayaan Rp17,78 miliar, kemudian Hanny Joost Pajouw dengan Rp 16,74 miliar. 

"Terbanyak berikutnya adalah kandidat wakilnya Gregorius Tonny Rawung dengan jumlah kekayaan sebesar Rp7,55 miliar, berikutnya adalah kandidat wakil nomor urut tiga Mor D Bastiaan sebesar Rp6,30 miliar," katanya. 

Setelah itu, kata Paransi adalah kandidat wali kota nomor urut tiga yakni Vicky Lumentut dengan jumlah kekayaan sebesar Rp4,60 miliar, diikuti nomor urut dua Jimmy R Rogi sebesar Rp2,80 miliar dan wakilnya Boby Daud Rp1,35 miliar. 

"Yang paling sedikit adalah calon wali kota nomor urut satu Harley Mangindaan, dengan total harta kekayaan hanya sebesar Rp1,27 miliar," katanya. 

Paransi mengatakan, kekayaan para calon tersebut berasal dari harta bergerak yakni alat transportasi, peternakan, dan surat berharga, giro setara kas lainnya, piutang hingga utang. 

Dia mengatakan dari laporan harta kekayaan para kandidat tersebut ada yang naik dari laporan tahun 2010, dan stabil tetapi tidak ada yang turun dari sebelumnya. 

Menurut Paransi, harta kekayaan para kandidat yang dilaporkan pada 2010 juga disertakan bersama dengan pelaporan terakhir tahun ini yang mulai dari Maret, Juli, sampai Agustus 2015. ***2*** 



(T.KR-JHB/B/G004/G004) 05-11-2015 19:47:33

Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024