Manado, 28/10 (Antara) - Wakil Bupati (Wabup) Minahasa Tenggara Ronald Kandoli mengajak para pemuda agar lebih peduli lingkungan saat menjadi inspektur upacara hari Sumpah Pemuda, di Pantai Hais Kecamatan Belang, Rabu.
"Sesuai dengan tema pada hari sumpah pemuda pada tahun ini yang mengambil tema satu bumi, saya mengajak para pemuda untuk berperan dan peduli terhadap lingkungan," kata Ronald.
Dirinya menuturkan, sebagai calon pemimpin masa depan bangsa, para pemuda lebih dituntut untuk bertanggung jawab baik pada diri sendiri, maupun pada lingkungan sekitar.
"Harus belajar menjadi pemimpin yang mengutamakan rasa tanggung jawab, khususnya dalam menjaga lingkungan dan bumi yang kita pijak saat ini," ujarnya.
Dirinya menambahkan dengan peran pemuda menjaga dan merawat bumi, akan membantu kelangsungan hidup dari umat manusia.
"Dengan itu kita bisa menjaga keberlangsungan bumi sehingga masa akan datang yang seiring dengan pembangunan peradaban kita dapat terus terjaga," katanya.
Ronald menambahkan, dengan semangat sumpah pemuda, para generasi muda saat ini harus berbangga karena peristiwa 28 Oktober 1928 menjadi awal bersatunya pergerakan pemuda di Indonesia.
"Sumpah Pemuda telah mengawali sebuah perubahan besar untuk negeri kita ini,tekad dan keberanian pemuda telah menginspirasi dan menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa, dan itu harus kita jaga," ujarnya.
Ronald pun mengajak para pemuda untuk mengobarkan semangat persatuan kesatuan serta cinta tanah air tanpa mempedulikan latar belakang agama suku dan ras golongan.
"Dan dengan semangat revolusi mental, kita berharap lahir generasi muda yang tangguh, berkarakter, mandiri, serta rela berjuang untuk kepentingan rakyat," tandasnya.
Pada upacara ini turut dihadiri para pejabat di lingkungan Pemkab, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Minahasa Tenggara, elemen pemuda, dan siswa siswi SMA/SMK serta SMP.(ADV)


Pewarta : Arthur Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024