Manado, 12/10 (AntaraSulut) - Branch Manager Telkomsel Manado Royke Sumual mengatakan hampir 80 persen wilayah di Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara sudah mendapatkan dengan layanan 4G.

"Di Kota Manado, Telkomsel sudah mengcovery 70 hingga 80 persen layanan 4G sehingga masyarakat akan dengan mudah mendapatkan akses tersebut," kata Royke di Manado, Senin. 

Dia mengatakan saat ini sudah bangun 35 Base Tranceiver Station (BTS) 4G dan diharapkan mampu memnuhi kebutuhan masyarakat dan pelanggan Telkomsel akan layanan data yang sangat cepat.

Royke mengatakan dari 35 BTS tersebut, akan kami kembangkan lagi menjadi 75 BTS sehingga semua masyarakat di Sulut bisa mendapatkan layanan 4G.

Dia mengatakan apalagi pengguna handset 4G di Kota Manado sudah cukup banyak, sehingga diharapkan layanan 4G Telkomsel ini dapat mengcover kebutuhan telekomunikasi dan data warga kota tersebut.

Manado terus mengalami pertumbuhan dalam penggunaan layanan data setiap waktunya. Konsumsi data pada semester satu 2015 mencapai 30 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Sedangkan dari jumlah pelanggan, Telkomsel di Kota Manado mencapai ribuan orang. Sedangkan jumlah pelanggan data sekitar 45 persen dari total pelanggan tersebut. Saat ini pun sudah terdapat sekitar 30 ribu pelanggan Telkomsel yang menggunakan handset 4G.

Selain Manado, Telkomsel telah menggelar layanan 4G LTE di dua spektrum berbeda untuk delapan kota. Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, dan Bali yang berjalan di pita frekuensi 900 Mhz. Sementara, Lombok, Makassar, dan Manado memanfaatkan spektrum 1800 MHz.

Dengan memanfaatkan spektum 1800 MHz dengan lebar pita 10 Mhz, maka operator anak pelat merah ini dapat memberikan kecepatan akses mencapai 75 Mbps.***3***

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024