Manado, (AntaraSulut) - Sukabumi merupakan kota kecil di provinsi Jawa Barat yang sangat tenang. Sukabumi menjadi destinasi liburan yang cocok untuk relaksasi di pinggir Jakarta, selain Bogor. Kota ini menyimpan banyak keindahan wisata, terutama alam.

Saat ini Sukabumi belum memiliki bandara sendiri (Bandara Citarete baru akan dibangun tahun 2015 ini). Letak kota Sukabumi sendiri berada sekitar 120 km sebelah selatan Jakarta dan 96 km sebelah barat Bandung

Oleh karena itu, apabila Anda berasal dari provinsi lain, Anda harus terbang terlebih dahulu kedua kota besar tersebut. Anda bisa memilih Citilink untuk terbang dengan murah menuju Jakarta atau Bandung, lalu lanjutkan dengan perjalanan darat menuju Sukabumi. Agar memudahkan Anda dalam mencari tiket Citilink ini, Anda bisa memanfaatkan situs traveling Traveloka dan Booking, dengan begitu Anda akan menghemat waktu tanpa harus beranjak ke manapun.

Keindahan Wisata Alam
Sukabumi memiliki sejumlah keindahan alam yang luar biasa. Oleh karena itu,kota ini sangat cocok untuk relaksasi dan refreshing. Sukabumi Nampak sangat segar dengan pemandangan pepohonan yang hijau di sekelilingnya. Kesuburan tersebut membuat Sukabumi memiliki sebuah taman wisata alam yang menakjubkan.

Beberapa tujuan wisata alam terbaik di Sukabumi adalah :
- Taman Wisata Alam Situ Gunung
- Gua Siluman
- Gua Buniayu
- Curug Cibeureum
- Sungai Citarik
- Taman Selabintana
- Geopark Cileteuh
- Situ Sukarame

Jejalah Pantai
Sisi selatan kabupaten Sukabumi berbatasan langsung dengan laut selatan. Oleh karena itulah, kota ini memiliki pantai menarik dalam jumlah cukup banyak. Ketika pecinta alam hijau sibuk menyerbu Bogor, para pecinta wisata bahari akan berbondong-bondong mendatangi Sukabumi.

Pantai-pantai cantik yang dapat Anda nikmati di Sukabumi antara lain :
- Pantai Cimaja (Pelabuhan Ratu)
- Pantai Ujung Genteng
- Pantai Minajaya Surade
- Pantai Cibangban (Cisolok)
- Pantai Sawarna

Wisata Outing dan Arung Jeram
Sukabumi juga dikenal sebagai salah satu tujuan outing (rekreasi dengan serangkaian kegiatan yang dilakukan dengan kerjasama, biasanya untuk pelatihan leadership) yang populer. Banyak kelompok dari sekolah, kantor, maupun kalangan umum dan keluarga yang mengunjungi Sukabumi untuk kegiatan ini. 

Sungai Citarik adalah tujuan wisata outing terpopuler di Jawa Barat. Paket wisata yang umumnya ditawarkan di Citarik meliputi arung jeram, paint ball, dan flying fox.

Sungai Citarik sangat menggoda para pecinta olahraga pemicu adrenalin, Arung Jeram. Kondisi sungainya sangat stabil sepanjang tahun. Keistimewaan Sungai Citarik yang membuatnya disukai para pecinta arung jeram adalah karena debit air sungai ini cukup banyak, aliran airnya deras, jeram dan bebatuannya cukup banyak, serta jalurnya memiliki tingkat kesulitan yang beragam.

Pemandangan alamnya juga sangat cantik, mengingat Sungai Citarik merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Halimun. Anda pun bisa sembari menikmati keindahan alam yang luar biasa saat sedang menaklukan riam Sungai Citarik.

Oleh-oleh favorit
Jika Anda berkunjung ke Sukabumi, Kue Mochi adalah buah tangan yang tidak boleh ketinggalan. Makanan manis dan kenyal ini adalah jajanan khas Sukabumi yang bahkan sangat populer di Tanah Air. Ciri khas kue mocha Sukabumi adalah kelembutannya. Meskipun kenyal dan cukup tebal, kue mungil ini begitu lembut sangat dikunyah dan merupakan penganan khas Sukabumi.

Kue mochi Sukabumi biasanya dikemas dalam kotak anyaman rotan tipis. Setiap kotak berisi 5-10 butir kue mochi. Kue mochi original berisi kacang tanah atau kacang hijau dengan taburan tepung sagu di bagian luar kue. Seiring perkembangan zaman, muncul variasi baru. Ada yang bertabur wijen, kacang tumbuk kasar, dan serbuk teh hijau; serta diisi dengan coklat, keju, duren, dan stroberi.


Pewarta :
Editor : Pemasaran
Copyright © ANTARA 2024