Manado,1/10 (AntaraSulut)- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VIII Manado Laksamana Pertama TNI Manahan Simorangkir bertindak sebagai inspektur upacara laporan korps kenaikan pangkat perwira terhitung 1 Oktober 2015, di Manado, Kamis.

"Kenaikan pangkat merupakan bagian dari sistem pembinaan personel di setiap organisasi,"kata Danlantamal Manado Laksamana Pertama TNI Manahan Simorangkir di Manado, Kamis.

Upacara laporan kenaikan pangkat tersebut, diikuti oleh 16 orang perwira yang naik pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula.

Kenaikan pangkat bagi perwira selain sebagai pengejawantahan promosi jabatan, juga merupakan bagian wujud pengakuan dan penghargaan atas kinerja serta adanya konsekuensi yang harus diemban untuk berbuat yang terbaik dalam melaksanakan tugas-tugas TNI Angkatan Laut.

Para Perwira adalah pemimpin yang secara simultan memiliki tugas, peran, ketrampilan, perspektif, dan ukuran keberhasilan dalam melaksanakan tugasnya sehingga harus memiliki empat keseimbangan sebagai pemimpin.

Empat keseimbangan sebagai pemimpin yakni, pemimpin harus memiliki kemampuan dan kemauan berkomunikasi untuk menyampaikan petunjuk perencanaan dan segala informasi.

Pemimipin harus memiliki kemampuan memanfaatkan lingkungan eksternal, menciptakan kondisi serta memanfaatkan kondisi bagi keberhasilan organisasi.

"Pemimpin harus cerdas dan cerdik dalam mengantisipasi setiap perubahan masa depan dengan menyiapkan segala perkiraan keadaan serta perkembangan lingkungan strategi," katanya.

Dari 16 perwira yang naik pangkat tersebut, dua dari Letkol ke Kolonel masing-masing Asintel Lantamal Manado Kolonel Laut (P) Ivong Wicaksono Wibowo, Aslog Kolonel Laut (T) Pat Rubedo.

Kemudian dari Mayor ke Letkol tiga perwira masing-masing Pgs Kadispen Lantamal Manado Letkol Laut (KH) Budiyanto, Kadisminpers Letkol Laut (KH) Dadan, Kafasharkan Bitung Letkol Laut (T) Hendri Sucahyono.

Dari kapten ke mayor empat perwira yakni, Mayor Laut (S) Sutrisno, Mayor Laut (K) dr Adventy Nahan, Mayor Laut (K) dr I Gede Sutaniyasa, Mayor Laut (PM) Haris Zaenal Muhaeni.

Dari Lettu ke kapten tiga perwira, Kapten Laut (E) Hary Wahyudi, Kapten Laut (S) Satriono Joelita, Kapten Marinir Agus Hartono, dari Letda ke Lettu empat perwira, Lettu Laut (P) Wahidi,Lettu Laut (K) dr. Andly R. Mallo, Lettu Laut (K) Yosa H. Octaviar, dan Lettu Laut (KH) Danius Adimakayasa.

Pada kesempatan tersebut, juga dilaksanakan laporan kenaikan pangkat/golongan III sebanyak enam orang PNS Lantamal Manado.***2***

(T.J009/B/G004/G004) 01-10-2015 21:05:28

Pewarta : Jorie M R Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024