Manado, 1/10 (AntaraSulut) - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VIII Manado Laksamana Pertama TNI Manahan Simorangkir memimpin upacara ziarah nasional, di Taman Makam Pahlawan Kairagi Manado, Rabu, dalam rangka memperingati HUT ke-70 TNI.
     
Kegiatan tersebut dihadiri antara lain Penjabat Gubernur Sulut  Soni Sumarsono, Danrem 131 Santiago Brigjen TNI Sulaiman Agusto, Danlanudsri Manado Kolonel Pnb Djoko Tjahyono.
     
Danlantamal Manado Laksamana Pertama TNI Manahan Simorangkir mengatakan, upacara ziarah nasional ini sebagai wujud penghargaan serta untuk mengingat jasa-jasa para pahlawan bangsa yang telah berjuang untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia.
     
"Sebagai generasi penerus bangsa, prajurit TNI harus bisa mengawal, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan serta menjaga tetap tegaknya negara Indonesia. “NKRI harga mati,” katanya.
      
Dalam rangka memperigati HUT TNI, dilaksanakan sejumlah kegiatan  antara lain penanaman mangrove (pohon bakau) di  Bitung, bakti sosiali pembagian paket sembako di Desa Kima, Kecamatan Wori, dan pengobatan gratis di Likupang, Kabupaten Minahasa Utara.
     
Direncanakan pada Jumat (2/10) akan digelar donor darah dan bazar dari tiga angkatan ( TNI AD, TNI AL, dan TNI AU) bertempat di Makorem Santiago.
      
Puncak acara HUT Ke-70 TNI pada Senin (5/10) akan digelar antara lain upacara parade, defile pasukan, demo ketangkasan dan seni prajurit.***


Pewarta : Jorie M R Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024