Manado, (AntaraSulut) - Penjabat Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Soni Sumarsono berharap Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bekerja profesional melaksanakan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada 9 Desember 2015.

"Peran KPU dan Banwaslu sangat penting untuk suksesnya pelaksanaan pilkada di daerah ini," kata Sumarsono di Manado.

Sepekan lebih dilantik oleh Mendagri Tjahjo Kumolo, Sumarsno melaksanakan tugasnya lewat koordinasi dengan KPU dan Bawaslu Sulut untuk memastikan pelaksanaan pesta demokrasi ini berjalan aman dan lancar.

"Pemerintah provinsi mendukung penuh kinerja KPU dan Bawaslu. Bekerjalah independen. Bila ada kekurangan dalam melaksanakan tugas, segeralah berkoordiasi untuk mendapatkan solusi bersama," ajaknya.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah ini mengatakan, sukses pelaksanaan pilkada di daerah ini menjadi salah satu tugas utama saat diberikan kepercayaan menjadi penjabat gubernur.

"Salah satu tugas dari tiga tugas yang saya emban adalah mengamankan dan mengawal pelaksanaan pilkada agar berjalan aman, damai, menghasilkan pemimpin daerah baru berdasarkan pilihan rakyat. Sementara tugas lainnya yaitu menjaga iklim kondusif pemerintahan pembangunan dan kemasyarakatan, serta menjamin stabilitas daerah," katanya.

Dia menambahkan, sukses penyelenggaraan pilkada harus mendapatkan dukungan penuh Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan menjaga netralitas, serta tetap berpegang pada norma dan aturan yang berlaku.

"Saya berharap semua pemangku kepentingan yang terkait pelaksanaan pilkada tetap menciptakan suasana damai serta menjaga persaudaraan yang menjadi kebanggaan rakyat Sulut selama ini," ajaknya.

***2***

(T.K011/B/M026/M026) 30-09-2015 07:51:53

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024