Manado, 30/8 (AntaraSulut) - Bandara Sam Ratulangi (Samrat) Manado Provinsi Sulawesi Utara masih dalam proses pembersihan abu vulkanik Gunung Lokon pada run-way atau landasan pacu.

"Saat ini kami masih dalam sementara proses pembersihan landasan pacu Bandara Samrat sehingga sesuai Notice To Airmen atau Notam nanti akan dibuka pada pukul 13:00 WITA siang ini," kata Humas PT Angkasa Pura I Bandara Samrat Manado, Ilham Sakti di Manado, Minggu.

Dia mengatakan Notice To Airmen atau Notam adalah pemberitahuan yang disebarluaskan melalui peralatan telekomunikasi yang berisi informasi mengenai penetapan, kondisi atau perubahan di setiap fasilitas aeronautika, pelayanan, prosedur atau kondisi berbahaya, berjangka waktu pendek dan bersifat penting untuk diketahui oleh personel operasi penerbangan.

Tujuan penerbitan Notam adalah untuk mencapai tujuan informasi penerbangan dalam upaya menjamin kelancaran operasional, keamanan, keselamatan penerbangan, dan kegiatan terkait lainnya.

Sehingga, katanya, Bandara Samrat sampai pukul 13:00 WITA belum akan melakukan kegiatan penerbangan, baik yang datang maupun berangkat.

"Untuk semburan abu vulkanik Gunung Lokok, saat ini belum ada tapi tetap masih dalam tahap waspada," jelasnya.

Sabtu pukul 23:48 WITA, gunung api aktif di Tomohon ini kembali meletus dan melontarkan material debu vulkanik setinggi 1.500 meter ke arah timur hingga utara.

Sebelum meletus, terjadi peningkatan aktivitas vulkanik sejak Jumat (28/8) pukul 18.00-24.00 WITA yang ditandai dengan letusan.***4***



(T.KR-NCY/B/M019/M019) 30-08-2015 10:49:13

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor :
Copyright © ANTARA 2024