Manado, (ANTARA Sulut) Pemerintah Kota Manado, Sulawesi Utara, menyediakan Rp2 miliar dana hibah ke kepolisian untuk membiayai pengamanan seluruh tahapan pilkada 2015.

"Penyerahanya dalam bentuk dana hibah kepada Polresta Manado," kata Sekretaris Daerah Kota  setempat Haefrey Sendoh, di Manado, Kamis.

Dia mengatakan, anggaran tersebut disediakan sesuai dengan kemampuan daerah, serta berdasarkan hitung-hitungan kebutuhan untuk pengamanan pilkada.

Dana tersebut akan dimanfaatkan untuk pengamanan seluruh tahapan pilkada bukan hanya pada saat pencoblosan 9 Desember.

Untuk TNI, menurut Sendoh, Pemkot tidak menyediakan dana secara langsung, tetapi melalui Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat, berbeda dengan yang untuk kepolisian, KPU dan Panwaslu, masyarakat Manado.

"Khusus untuk TNI memang sudah kami konsultasikan langsung ke pusat, dan hasilnya tidak bisa menghibahkan langsung, tetapi bisa diserahkan lewat Kesbangpolinmas," katanya.

Dia mengatakan untuk TNI, anggaran dapat disalurkan lewat sejumlah kegiatan bersama dengan Kesbangpolinmas Manado dan Kodim 1309/Manado, dalam bentuk pemantauan keamanan.

Sendoh mengatakan, semua kegiatan TNI AD bersama Kesbangpolinmas untuk mendukung pengamanan pilkada akan menggunakan anggaran tersebut.@antarasulutcom/@jirokoko

Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024