Manado, (AntaraSulut) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara, menyerukan kampanye damai tiga pasangan calon yang sudah ditetapkan Senin (24/8) yang kemudian dilanjutkan dengan pengundian nomor urut.

"Kami berharap pelaksanaan pemilihan wali kota dan wakil wali kota berjalan aman hingga semua tahapan selesai dilaksanakan," kata Ketua KPU Beldie Tombeg di Tomohon.

Karena itu, kata dia, tiga pasangan calon akan diundang dalam deklarasi kampanye damai yang akan dilaksanakan Kamis (27/8) siang di lapangan Parasamya Walian, Tomohon Selatan.

"Semua pasangan calon akan diundang dalam deklarasi kampanye damai tersebut disaksikan forum koordinasi pimpinan daerah serta jajaran terkait lainnya," katanya.

Dia mengatakan, ada beberapa hal teknis yang harus dipatuhi bersama dalam deklarasi kampanye damai tersebut di antaranya, jumlah kendaraan, massa pendukung yang diikutsertakan hingga bentuk kendaraan yang dibolehkan.

Setiap pasangan calon boleh mengerahkan massa pendukung sebanyak 300 orang, diangkut dalam 30 kendaraan tertutup, tidak bak terbuka serta menghindari arak-arakan.

"Kami sangat berharap setiap pasangan calon dapat mengontrol semua pendukung yang akan mengikuti kampanye damai tersebut. Hindarilah gesekan yang dapat memicu bentrok antarpendukung," ujarnya.

Pilkada wali kota dan wakil wali kota Tomohon diikuti tiga pasangan calon setelah ditetapkan dan diundi nomor urut oleh KPU Tomohon.

Tiga pasangan calon tersebut yaitu Johny Runtuwene - Vonny J Paat (PDIP), Jimmy F Eman - Syerly Adelyn Sompotan (perseorangan) dan Linneke S Watoelangkow - Ferdinand Mono Turang (Demokrat - Gerindra).***2***



(T.K011/B/E005/E005) 27-08-2015 09:44:04

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024