Oleh Karel A Polakitan

Manado, 14/7 (Antara) - Pemerintah Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) berharap warga menyokong petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) pemilihan kepala daerah (pilkada) yang akan digelar 9 Desember mendatang.

"Pemerintah kota berharap seluruh masyarakat wajib pilih proaktif mendaftarkan dirinya pada saat PPDP berkunjung. Mari sama-sama kita dorong pilkada gubernur dan wakil gubernur, wali kota dan wakil wali kota berjalan sukses," ajak Sekretaris Daerah Kota Arnold Poli di Tomohon.

Ketika masyarakat wajib pilih ikut terdata, kata dia, membuka ruang terselenggaranya pilkada yang ditunjang angka partisipasi pemilih yang sangat signifikan.

Pada pemilihan umum legislatif lalu, angka partisipasi pemilih mencapai 85.22 persen.

"Tentu ini tidak bisa dipisahkan dari proses sosialisasi. Pemerintah kota juga terus berupaya masyarakat terdata dan menggunakan hak pilihnya pada pilkada serentak Desember nanti. Ikut memilih berarti secara bersama-sama mengambil peran dalam pembangunan," katanya.

Mantan asisten bidang pemerintahan dan kesejahteraan rakyat Pemprov Sulut ini mengharapkan, seluruh warga kota ikut menyukseskan pelaksanaan pemutahiran data pemilih yang berlangsung selama 36 hari.

"Tahapan ini akan dimulai pada 15 Juli sampai dengan 19 Agustus 2015," katanya.

Berdasarkan data agregat kependudukan per kecamatan (DAK2) tanggal 17 April 2015 sebanyak 96.478 jiwa, di mana Kecamatan Tomohon Utara sebanyak 27.485 jiwa, Tomohon Selatan 23.215 jiwa, Tomohon Tengah 18.604 jiwa, Tomohon Barat 15.975 jiwa dan Tomohon Timur sebanyak 10.839 jiwa.***2***








Pewarta :
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024