Manado, 7/7 (Antara Sulut) - Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia menggelar pertemuan forum koordinasi keamanan laut, di Manado, Sulawesi Utara, Selasa.

Kepala Bakamla Laksamana Madya TNI Desi Albert Mamahit, mengatakan, kegiatan forum koordinasi keamanan laut yang dilaksanakan ini adalah yang keempat di tahun 2015.

"Sebelumnya kegiatan seperti ini telah dilaksanakan di Medan, Pontianak dan Bali," kata Mamahit dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Plt Deputi Kebijakan dan Strategi Bakamla Laksma Maritim Satria E Maseo.

Dia mengatakan, dalam forum ini Bakamla memfasilitasi pertemuan antarinstansi dan pihak-pihak terkait untuk membahas permasalahan, isu keamanan laut yang menjadi perhatian bersama saat ini.

Agenda forum, menyosialisasikan peraturan pemerintah dan undang-undang yang terkait dengan keamanan dan keselamatan maritim, katanya.

Selain itu, forum ini juga hendaknya dapat memupuk serta menjalin komunikasi yang efektif dan efisien antara Bakamla dengan instansi di daerah dalam rangka merumuskan strategi dan mekanisme pengamanan laut yang tepat, efektif dan efisien serta dapat terciptanya sinergi yang baik dalam pelaksanaan tugas-tugas di lapangan.

"Forum ini diharapkan dapat membangun kesamaan persepsi dan tindakan dalam rangka melaksanakan pemerintahan yang baik di laut, khususnya aspek penegakan hukum yang efektif dan efisien," katanya.

Ketua panitia Laksma Maritim FFJ Mirah mengatakan, sasaran kegiatan ini adalah terciptanya sinergitas dengan pemangku kepentingan dan instansi terkait di bidang keamanan laut.

Forum sebagai sarana komunikasi dan koordinasi antara pemangku kepentingan, pemerintah daerah setempat dan instansi terkait guna mencari dan menemukan langkah-langkah terbaik untuk meminimalisir hambatan dan kendala keamanan dan keselamatan di laut, kata Mirah.

"Kegiatan ini juga untuk sosialisasi UU nomor 32 tahun 2014 tentang kelautan serta Peraturan Presiden nomor 178 tahun 2014 tentang Bakamla," kata Mirah yang juga Direktur Strategi Keamanan Laut Bakamla.

Forum itu juga menghadirkan pembicara Direktur Operasi Laut Bakamla Laksma Maritim Andi Achdar dan Pokja Dikkamla Laksma TNI Purn FX Eddy Santoso.

Hadir pada acara itu antara lain Kepala Kantor Zona Maritim Tengah Laksma Maritim Anang Syarif Hidayat, dari unsur TNI AL, kejaksaan, Dinas Kelautan dan Perikanan, kepolisian, Imigrasi serta Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia. @antarasulut.com

Pewarta : oleh Jorie M R Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024