Minahasa Utara, 1/7 (Antara Sulut) - Badan Musyawarah Kekeluargaan Indonesia Sangihe Talaud (Bamukist) di Minahasa Utara menggelar kegiatan lomba kesenian "Masamper" berlangsung di desa Kawangkoan Baru Kecamatan Kalawat 29 Juli hingga 30 Juli 2015.
"Kegiatan yang dilakukan ini sekaligus menunjang pariwisata Minahasa Utara dan mempererat serta mempersatukan budaya lokal untuk maju bersama, termasuk dengan budaya Tonsea," kata Wakil Ketua DPRD Minahasa Utara Denny Wowiling di Airmadidi, Rabu.
Denny Wowiling menyampaikan terima kasih kepada Bupati Sompie Singal melalui dinas pariwisata yang punya perhatian luar biasa untuk penyelengaraan Masamper 2015.
Dikataknnya, kekuatan lokal akan tumbuh menjadi kekuatan bersama dengan mempererat kerukunan antar budaya sehingga menjadi kekayaan nasional.
"Semakin tingginya iven lomba masamper, sebagai wujud nyata ekspetasi masyarakat Minahasa Utara asal nusa utara, sehingga menumbuhkembangkan kreatifitas dan improvisasi daerah," kata Denny Wowiling.
Dia mengatakan, gelaran masamper melalui Bamukis bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Minahasa Utara.
Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Minahasa Utara Femmy Pangkerego memberikan apresiasi terhadap Bamukist yang terus menggali potensi budaya yang ada di Minahasa Utara.
"Beragam budaya yang tumbuh di Minahasa Utara suatu hal menarik demi kemajuan pariwisata dan kebudayaan daerah," kata Pangkerego.
Pangkerego mengakui, ketika unsur budaya khususnya nusa utara lebih akrap ditelinga masyarakat, pemerintah dalam hal ini dinas pariwisata dan kebudayaan akan berupaya untuk menjadikan suatu budaya sebagai program unggulan.
"Yang pasti pemerintah akan menggali potensi yang ada di daerah Minahasa Utara," kata Pangkerego.
Adapun peserta dari berbagai daerah di Sulawesi Utara, untuk peserta pria ada 15 sedangkan wanita ada 5. Tampil sebagai juara satu Pria GM Smirna Malalayang, juara dua GM Imanuel Bahu dan juara tiga GM Ikel Bermasmur.
Sedangkan Group Masamper Wanita, juara satu Putri Pananru, juara dua Putri Watutumow dan juara tiga Putri Desa Wineru***1***
(T.KR-MLK/B/G004/G004) 01-07-2015 20:03:54

Pewarta : Oleh Melky Rudolf Tumiwa
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024