Manado (ANTARA) - KPU Manado dipimpin Ketua Divisi Teknis, Hasrul Anom, menggelar simulasi pemungutan dan rekapitulasi hasil perolehan suara, Pilwako dan Pilgub, Rabu pagi, di sekretariat KPU setempat, diawasi Bawaslu Manado  yang dipimpin Plh Ketua, Abdul Gafur Subaer dan jajarannya, serta tujuh pemilih disabilitas. 

"Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan edukasi kepada seluruh masyarakat tentang bagaimana proses pada hari H nanti," kata  Ketua Divisi Teknis KPU Manado, Hasrul Anom, di Manado, Rabu. 

Anom mengatakan, dengan memberikan edukasi ini pada masyarakat, semua akan tahu bahwa pemilihan akan diselenggarakan sesuai dengan regulasi yang diatur. 
  Suasana simulasi pemilihan di Sekretariat KPU Manado. (antara/Joyce) (1) Selain itu, Anom mengatakan, dengan menggelar simulasi ini, maka KPU bisa mengukur berapa banyak waktu yang diperlukan untuk melakukan pencoblosan, untuk tiap-tiap pemilih yang datang ke TPS. 

"Selain itu, kami akan mengestimasi berapa besar tingkat partisipasi pemilih, dalam pencoblosan nanti, dengan jumlah pemilih yang diundang ke TPS masing masing sekitar 400-an orang," katanya. 

Simulasi itu dilakukan oleh PPK, yang mengambil peran sebagai kelompok penyelenggaraan pemungutan suara (KPPS) , saksi dan pengawas TPS, dan pemilih sesuai dengan porsi masing-masing.  Suasana simulasi pemilihan di Sekretariat KPU Manado. (antara/Joyce) (1) Sementara warga yang hadir dalam simulasi tersebut, berharap pelaksanaan simulasi ini, akan membuat para pemilih yang terdaftar di masing-masing TPS, bisa benar-benar paham, terutama pemilih pemula, untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkada. 

"Kita mau memilih kepala daerah yang terbaik. Tentu harapan kami semua akan lancar, sebab mau mendapatkan pemimpin untuk kota kita kedepan," kata Tesa, warga Manado. 

Simulasi pemungutan dan rekapitulasi suara juga dikawal aparat keamanan dari Polresta Manado,  yang diback up oleh TNI AD dari Kodim 1309/Manado, dihadiri Pjs wali kota, Clay Dondokambey, Kaban Kesbang, Conny Lantu, Asisten I Setdakota Manado, Julises Oehlers, perwakilan dari BIN, Kabag Ops Polresta Manado, Jacky Lapian, serta masyarakat umum.

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024