Manado (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Utara (Sulut) Ronald Lumbuun mengatakan promosi dan rotasi jabatan merupakan bagian penting dalam pembinaan pegawai.

"Bagi pejabat yang dipromosikan untuk menjaga kepercayaan yang diberikan pimpinan, sementara rotasi diharapkan menjadi sarana memperkaya pengalaman dan menghindari stagnasi organisasi," kata Ronald saat pengambilan sumpah/janji dan pelantikan 11 pejabat manajerial dari enam unit pelaksana teknis di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sulut di Manado, Jumat.

Menurut Ronald, organisasi akan berjalan “autopilot” tanpa perubahan jika pimpinan hanya mempertahankan pegawai di zona nyaman.

"Pemimpin diharapkan mampu memotivasi dan mengarahkan seluruh pegawai agar menjalankan tugas dan fungsi dengan baik," katanya.

Pada kesempatan itu, Ronald juga mengutip pesan “belajar tanpa berpikir itu sia-sia, dan berpikir tanpa belajar sangatlah berbahaya”.

Ini untuk mengingatkan pentingnya menjalankan tugas dan fungsi dengan berpikir dan belajar.

Ia menekankan juga kutipan Bung Hatta, yakni "kurang cerdas dapat diperbaiki dengan belajar, kurang cakap dapat dihilangkan dengan pengalaman, namun tidak jujur itu sulit diperbaiki.

Ia berharap semua pejabat mampu menjaga integritas dan mengimplementasikan nilai-nilai PASTI Kemenkumham demi kemajuan bersama melalui komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024