Manado (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bolaang Mongondouw Timur (Boltim), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melakukan standardisasi guru Al Quran di daerah itu.

"Kami melakukan peningkatan kualitas guru Al Quran dengan melakukan pelatihan standardisasi sehingga bisa mendapatkan sertifikat pendidikan," kata Kepala Kantor Kemenag Bolaang Mongondow Timur Aswin Kiay Demak di Boltim, Selasa.

Dia mengatakan kegiatan bernama Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Standardisasi Guru Al Quran Metode Tilawatil Level 1 Zona Bolmong Raya itu dilaksanakan di MTs Negeri 2 Kota Kotamobagu.

Kegiatan itu, katanya, upaya meningkatkan kompetensi para guru Al Quran dalam menerapkan metode tilawatil. Metode ini dianggap efektif dalam mempermudah proses belajar mengajar Al Quran, terutama bagi siswa madrasah di Bolaang Mongondow Raya.

"Sertifikat ini bukan hanya sekadar tanda kelulusan, tetapi menjadi bukti komitmen kita bersama dalam meningkatkan mutu pembelajaran Al Quran di madrasah. Saya berharap para guru yang telah mengikuti pelatihan ini dapat menerapkan ilmunya dengan baik di lingkungan masing-masing," ujarnya.

Kegiatan ini dihadiri sejumlah ustadz/ustadzah TPQ yang mengikuti diklat. Melalui pelatihan ini, diharapkan kualitas pendidikan Al Quran di wilayah Bolaang Mongondow Timur semakin baik dan berdampak positif bagi generasi muda setempat sebagai penerus bangsa.

Penyerahan sertifikat ini sekaligus menjadi bagian dari langkah Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dalam mendukung visi Kementerian Agama untuk mencetak generasi qurani yang cerdas dan berakhlak mulia.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024