Manado (ANTARA) - Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) yang baru Irjen Pol Roycke Harry Langie mengatakan akan melanjutkan semua program kebijakan dan strategi yang telah dirintis oleh Irjen Pol Yudhiawan, yang merupakan penjabaran program Kapolri dalam transformasi menuju Polri yang presisi.

"Untuk itu, saya mengajak kita semua, segenap personel jajaran Polda Sulut untuk berusaha semaksimal mungkin berbuat yang terbaik," katanya pada upacara serah terima Pataka Polda Sulut 'Maesa'an Waya', dari pejabat lama Irjen Pol Yudhiawan kepada Kapolda Irjen Pol Roycke Harry Langie, di Lapangan Presisi Polda Sulut, Manado, Senin

Kapolda menambahkan, dirinya tidak akan dapat bekerja sendiri dalam mewujudkannya, tanpa adanya kerja sama yang baik serta dukungan dari saudara-saudari sekalian.

"Untuk itu pada momen yang penting ini, saya mengharapkan dukungan dari segenap personel jajaran Polda Sulut," kata Kapolda.

Pada kesempatan itu, Kapolda mengatakan dengan penuh hormat menerima Pataka Polda Sulut sebagai simbol keberlanjutan dan komitmen dalam menjalankan tugas mulia.

"Serah terima pataka ini menandai kesinambungan kepemimpinan yang kokoh, yang selalu menjunjung tinggi nilai-nilai integritas, profesionalisme, serta pengabdian kepada bangsa dan negara," katanya.

Pataka "Maesa'an Waya" Polda Sulut memiliki makna yang mendalam dan simbolis bagi Kepolisian Daerah Sulawesi Utara.

Secara harfiah, "Maesa'an Waya" berasal dari bahasa Minahasa yang berarti bersama untuk bersatu dan bersatu untuk bersama atau torang samua basudara.

"Ini menggambarkan semangat persatuan, kekuatan, dan kebersamaan di antara seluruh jajaran kepolisian dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab menjaga keamanan serta ketertiban masyarakat. Pataka ini juga melambangkan komitmen Polri untuk terus berpegang pada nilai-nilai integritas, loyalitas, dan profesionalisme di wilayah Sulawesi Utara," katanya.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh personel Polri dan PNS Polda Sulut yang telah melaksanakan tugas dengan semangat dan tanpa pamrih.

"Saya yakin dan percaya bahwa seberat apapun tugas dan tanggung jawab yang kita emban akan dapat terselesaikan dengan baik apabila dilaksanakan dengan bersama-sama," katanya

Irjen Pol Yudhiawan mengatakan menyerahkan tugas dan tanggung jawab jabatan Kapolda Sulut kepada Irjen Pol Roycke Harry Langie setelah sebelumnya memimpin Polda Sulut selama 8 bulan 24 hari.

"Sebuah perjalanan pengabdian yang penuh dengan dinamika dalam menghadapi tugas-tugas Polri di Polda Sulut, yang pada akhirnya dapat diselesaikan dengan baik dengan kerja sama dan kolaborasi baik secara internal dan didukung seluruh stakeholder yang ada serta seluruh lapisan masyarakat dalam memberikan pengabdian terbaik kepada 'Bumi nyiur melambai', Sulut," kata Yudhiawan.

Harmonisasi inilah, katanya, yang menjadi modal besar baginya untuk melaksanakan tugas di tempat tugas yang baru, di Polda Sulsel.

"Selama kurun waktu menjabat sebagai Kapolda Sulut, tentunya ada banyak hal yang telah diberikan dari saudara-saudari sekalian dimana hal ini dirasakan sangat membantu dalam pelaksanaan tugas saya, semua itu telah memberikan kesan tersendiri sekaligus mewarnai dan mengisi lembaran perjalanan tugas saya di Kepolisian Negara Republik Indonesia," katanya.

Pada kesempatan itu, ia juga pamitan dan menyampaikan salam perpisahan untuk melaksanakan tugas baru sebagai Kapolda Sulsel.

Kata orang bijak, lanjut Yudhiawan, “tidak ada jalan yang tidak berujung”.

"Saat ini sampailah saya pada penghujung pengabdian saya di Sulut. Saya mohon pamit serta mohon doa restu dari segenap keluarga besar Polda Sulut untuk melaksanakan tugas di tempat yang baru," katanya.

Ia menyampaikan, terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya atas segala dukungan serta kerja sama dari segenap keluarga besar Polda Sulut kepada kami dalam memimpin Polda Sulut ini.

"Apabila ada kesalahan dalam tutur kata dan tindakan yang kami perbuat selama menjalankan tugas mohon kiranya dapat dimaafkan," katanya.

Upacara serah terima Pataka Polda Sulut Maesa'an Waya, tersebut merupakan rangkaian kegiatan serah terima jabatan Kapolda Sulawesi Utara, dari Irjen Pol Yudhiawan kepada Irjen Pol Roycke Harry Langie, yang dilaksanakan di Jakarta pada Sabtu (28/9).
 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024