Manado (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara(Sulut) Rendy Suawa mengatakan pasangan calon (paslon) sudah melekat protokol keamanan usai mendapatkan nomor urut.

Dari hasil pengundian yang dilakukan untuk pemilihan kepala daerah(Pilkada) 2024 bupati-wakil bupati Minahasa Utara di Tondano, Senin, nomor urut 1 bagi paslon Susi Fiane Sigar-Perly George Steven Pandeiroot, nomor urut 2 Youla Lariwa Mantik-Denni Rudi Kalangi serta nomor urut 3 Robby Dondokambey-Vanda Sarundajang.

Rendy mengatakan protokol keamanan diberikan kepada masing-masing paslon untuk menunjang kelancaran mobilitas kampanye dan sebagainya,

"Nanti nomor urut yang didapat oleh setiap pasangan calon akan digunakan dalam kegiatan sosialisasi maupun kampanye kepada masyarakat termasuk untuk surat suara nantinya,” ungkap Rendy.

Rendy mengatakan bahwa pengundian nomor urut paslon bupati dan wakil bupati Minahasa ini merupakan salah satu tahapan yang harus dilalui.

Ia mengatakan, untuk kegiatan kampanye paslon bupati dan wakil bupati kabarnya akan dimulai pada tanggal 25 September 2024.

Pasangan calon Susi-Perly(1) diusung Partai Gerindra dengan koalisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Ummat, Partai Nasional Demokrat (NasDem), serta Partai Gelora.

Sementara Youla-Denny(2) diusung Partai Golkar, Partai Demokrat dan Partai Perindo.

Paslon Robby-Vanda(3) hanya diusung oleh PDIP.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024