Sitaro, 9/5 (Antara) - Sebanyak 50 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, mengucapkan sumpah dan dilantik Ketua KPU Sitaro, Steven Londok, di Ulu Siau, Sabtu petang.

Londok mengatakan personil PPK yang dilantik ini telah melewati proses seleksi yang sangat dari 108 calon yang mendaftar. Mereka akan bertugas di 10 kecamatan, setiap kecamatan dengan lima anggota.

"Ini kepercayaan dan amanat yang diberikan untuk dibuktikan dan dipertanggung jawabkan dalam melaksanakan tugas secara profesional dan berintegritas, imparsial dan non partisan,"

Ia menegaskan tugas pokok PPK adalah membantu KPU kabupaten melaksanakan tahapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur tahun 2015 yang dijadwalkan pada 9 Desember mendatang.

Agenda pertama yang harus segera dilaksanakan PPK, lanjut Londok, adalah melaksanakan pembentukan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang dijadwalkan pelantikan pada 18 Mei 2015.

Selain melafalkan sumpah dan janji jabatan, para anggota PPK ini juga mengikrarkan pakta integritas yang terdiri dari 11 poin, antara lain menyelenggarakan pemilu berdasarkan asas penyelenggara, memperlakukan secara adil, imparsial dan non partisan dan para pihak terkait.

Londok menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pemerintah daerah melalui aparat kecamatan dan kampung serta kelurahan yang membantu sosiaoisasi dan penerimaan berkas pendaftaran calon PPK.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sitaro, Adri Manengkey hadir mewakili sekaligus membaca sambutan Bupati Toni Supit. Dalam
sambutan Bupati mengharapkan semua aparatur penyelenggara pemilu mampu menjawab harapan dan tuntutan masyarakat dalam mewujudkan pemilu jujur, adil dan bermartabat.

"Langkah dan tindakan aparat penyelenggara pemilu harus selalu berdasarkan dan berpedoman pada peraturan perundang-
undangan. Bekerja cermat, tepat profesional dan menjunjung tinggi netralitas," tegas Bupati.

Kegiatan dilanjutkan dengan bimbingan teknis kepada para anggota PPK, didahului dengan pemilihan ketua di tiap kecamatan.

Pewarta : Fidel Malumbot
Editor :
Copyright © ANTARA 2024