Manado (ANTARA) -
Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw mengingatkan siswa yang akan lulus tidak langsung menikah, tetapi bekerja atau melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.
 
"Jangan ya. Usahakan kalau baru lulus SMA jangan dulu kawin," kata Wagub saat peresmian gedung sekolah baru di SMAN 3 Manado, Selasa.
 
Alasan menghindari perkawinan usia muda, kata dia, agar anak tidak gampang terkena stunting atau tengkes.
 
"Ingat baik-baik ya," kata Wagub mengharapkan.
 
Selain masalah nikah usia dini, Wagub juga berharap tidak menjadi sampah masyarakat.
 
"Jauhi narkoba, jauhi minuman keras, jauhi judi online, jauhi pinjaman online. ingat baik-baik hal-hal ini menjadi musuh masyarakat," katanya.
 
Menurut Wagub, dari sekolah tersebut telah banyak yang sudah menjadi orang-orang hebat sehingga siswa yang sedang bersekolah dan nanti akan tamat diharapkan terus belajar maksimal.
 
"Terima kasih juga kepada guru-guru, kepala sekolah dan orang tua, yang mampu memperlihatkan rasa simpati dan empati ikut membangun sarana dan prasarana, fasilitas di sekolah ini," ujarnya.
 
Kerja-kerja dunia pendidikan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, perlu keroyokan antara pemerintah daerah, pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.
 
"Para pihak harus kerja bersama, kerja keroyokan. Orang tua, tokoh agama, media, masyarakat harus gotong royong, pola pikir kita harus kerja sama untuk meningkatkan sumber daya manusia," ujarnya.
 
Wagub juga berharap, ke depan lulusan SMAN 3 Manado harus mampu membawa keluarga keluar dari penerima program keluarga harapan atau PKH.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024