Manado (ANTARA) - Provinsi Sulawesi Utara meraih penghargaan 'Universal Health Coverage' atau UHC dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan dengan tingkat kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) mencapai 103,43 persen.

"Capaian kepesertaan JKN di Sulut per 1 Agustus 2024 yaitu 103,43 persen dari total penduduk dengan tingkat keaktifan peserta sebesar 78 persen," kata Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah X, Octovianus Ramba di Manado, Jumat.

Dengan jumlah cakupan sebesar 103,43 persen, maka ada sebanyak 2.751.729 jiwa dari total 2.660.415 jiwa penduduk Sulut telah menjadi peserta JKN.

"Keberhasilan dalam mencapai UHC di Provinsi Sulawesi Utara hingga tahun 2024 menunjukkan komitmen yang kuat dari pemerintah daerah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota terhadap pelaksanaan program JKN," ungkap Octo.

Pada penganugerahan UHC Award tahun 2024 di Jakarta, Kamis (8/8), kata dia, dari 15 kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Utara, sebanyak 14 kabupaten/kota telah menerima penghargaan UHC Award yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden.

Octo berharap cakupan peserta JKN di wilayah Sulut dapat dipertahankan dan tahun depan seluruh kabupaten/kota sudah UHC.

"Capaian UHC ini sebagai wujud dukungan seluruh stakeholder, terutama pemerintah daerah dalam memberikan perlindungan kepada seluruh masyarakatnya. Kami tentunya berharap kolaborasi dan sinergi yang baik antara BPJS Kesehatan dengan seluruh stakeholder di Sulawesi Utara dapat selalu terjaga," katanya menambahkan.

Octo juga menegaskan pentingnya peran serta masyarakat dalam mempertahankan dan meningkatkan capaian UHC.

"Partisipasi aktif masyarakat dalam mendaftarkan diri dan keluarganya ke JKN sangat penting. Kami terus mendorong masyarakat yang belum menjadi peserta untuk segera mendaftar, demi memastikan bahwa seluruh penduduk Sulawesi Utara mendapatkan akses pelayanan kesehatan yang memadai," ujarnya.

Daerah-daerah yang menerima UHC Award tahun 2024 yaitu Kota Manado, Kota Tomohon, Kota Bitung, Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, dan Kabupaten Minahasa Tenggara.

Selanjutnya, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud, minus Kabupaten Bolaang Mongondow.

Selanjutnya, penganugerahan UHC Award Provinsi Sulawesi Utara diterima langsung Wakil Gubernur Steven Kandouw.*

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024