SITARO (27/4) Antara - Bupati Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) Sulawesi Utara, Toni Supit memerintahkan jajarannya untuk mempersiapkan rangkaian kegiatan bakti sosial dalam perayaan hari ulang tahun ke-8 tahun daerah ini, 23 Mei 2015 mendatang.
"Pimpinan daerah dalam hal ini Bapak Bupati berharap HUT daerah ini sebagai momentum kebersamaan pemerintah dan masyarakat. Semua kegiatan harus berorientasi pada bakti sosial kemasyarakatan," kata Asisten III Sekda, Herry Bogar di Ondong, Selasa.
Bupati Supit sebagaimana dikutip Bogar meminta setiap satuan kerja di lingkup Pemda Sitaro medesain kegiatan sosial kemasyarakatan yang berkenaan dengan tugas dan fungsi masing-masing.
Ia mencontohkan, Dinas Kesehatan melaksanakan kegiatan layanan kesehatan gratis keliling di tiap kecamatan dengan mengerahkan tenaga medis paramedis dan fasilitas yang dimiliki Puskesmas.
"Dinas Perindustrian dan Perdagangan laksanakan bazar sembako murah, begitu juga SKPD lainnya laksanakan sesuai tupoksi masing-masing, yang penting berorientasi pada pengabdian masyarakat," kata Bogar.
Bogar mengatakan, perayaan HUT daerah ini diharapkan merefleksikan semangat pelayanan bagi masyarakat, karena hakekat pemekaran daerah adalah mendekatkan dan meningkatkan kualitas pelayanan dan pengabdian bagi masyarakat.
"Karena dengan lahirnya kabupaten Sitaro maka kita ada saat ini, mengabdi dan berkarier di daerah ini pada posisi dan jabatan kita masing-masing. Ini yang harus selalu kita ingat dan syukuri," tandas Bogar.
Asisten III Herry Lano menambahkan, Bupati Supit menggagas penyelenggaraan kegiatan kerohanian dan keagamaan berupa Kebaktian Bina Iman yang akan dilaksanaan tepat pada hari ulang tahun.
"HUT daerah tahun ini didesain agar benar-benar dirayakan dengan penuh syukur dan dalam suasana kebersamaan dan saling peduli, melalui kegiatan sosial-spiritual segenap komponen di daerah ini," kata Lano.
Sitaro resmi menjadi kabupaten pada 23 Mei 2007 setelah dimekarkan dari kabupaten induk, Kepulauan Sangihe. Karena terdiri dari pulau-pulau kecil dan 92 persen wilayahnya adalah lautan, Sitaro juga menjadi kabupaten kepulauan.

Pewarta : Fidel Malumbot
Editor :
Copyright © ANTARA 2024