Manado (ANTARA) - DPRD Kota Manado bersama Pemkot setempat menggelar rapat paripurna istimewa HUT ke 401 Kota Manado,  Senin, di ruang rapat paripurna, dipimpin Ketua DPRD Aaltje Dondokambey, serta didampingi wakil ketua Noortje Van Bone dan Adrey Laikun. 

Paripurna istimewa tersebut juga dihadiri Gubernur Olly Dondokambey, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado, pasangan Andrei Angouw dan Richard Sualang, jajaran Forkopimda, seluruh anggota DPRD Manado, pejabat di dan tokoh - tokoh masyarakat setempat. 

"Sejarah Kota Manado sejak 1 Juli 1919  dimulai dari adanya besluit Gubernur Jenderal Hindia Belanda. Dengan besluit itu, Gewest Manado ditetapkan sebagai Staatsgemeente yang kemudian dilengkapi dengan alat-alatnya antara lain Dewan gemeente atau Gemeente Raad yang dikepalai oleh seorang Wali kota, " kata Aaltje Dondokambey menyebutkan asal usul kota Manado, dalam sambutan di paripurna tersebut. 
  Paripurna HUT Manado di ruang rapat paripurna DPRD kota. (1)

Aaltje Dondokambey hari  jadi Manado yang ditetapkan pada tanggal 14 Juli 1623, merupakan momentum yang mengemas tiga peristiwa bersejarah sekaligus yaitu tanggal 14 yang diambil dari peristiwa heroik yaitu peristiwa Merah Putih 14 Februari 1946, di mana putra daerah ini bangkit dan menentang penjajahan Belanda untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.  

Kemudian katanya, Juli yang diambil dari unsur yuridis yaitu bulan Juli 1919, yaitu munculnya Besluit Gubernur Jenderal tentang penetapan Gewest Manado sebagai Staatgemeente dikeluarkan dan tahun 1623 yang diambil dari unsur historis yaitu tahun di mana Kota Manado dikenal dan digunakan dalam surat-surat resmi. Berdasarkan ketiga peristiwa penting tersebut, maka tanggal 14 Juli 1989, Kota Manado merayakan HUT-nya yang ke-401. 

"Sejak saat itu hingga sekarang tanggal tersebut terus dirayakan oleh masyarakat dan pemerintah Kota Manado sebagai hari jadi Kota Manado," katanya. 
  Paripurna HUT Manado di ruang rapat paripurna DPRD kota. (Foto ANTARA/Joice)

Sementara Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang hadir memanfaatkan kesempatan berpamitan pada jajaran pemerintah dan masyarakat Manado, sebab akan melepaskan masa jabatannya mengikuti perintah undang-undang. 

Gubernur Olly Dondokambey juga menyebutkan pembangunan di Manado berjalan baik, karena sinergitas yang baik antara pemerintah kota, provinsi sampai ke pusat, sambil menyebutkan sejumlah hal sebagai indikasi kemajuan Manado.

Sementara Wali kota Manado, Andrei Angouw yang diminta menyampaikan sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung jalannya pemerintahan sampai saat ini. 
  Paripurna HUT Manado di ruang rapat paripurna DPRD kota. (Foto ANTARA/Joice)

"Berharap refleksi momen HUT ke 401, kita semua terus menjaga dan bangun Manado tercinta. Bersinergi dengan semua pemangku kepentingan agar Manado makin baik dari tahun ke tahun," katanya. 

Dia menyebutkan kenaikkan PDRB sebagai indikasi perbaikan kesejahteraan dimana tahun 2023 mencapai Rp 105 juta perkapita, naik dari tahun sebelumnya Rp 96 juta perkapita pada 2022.

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024