Manado (ANTARA) - PT Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi (Samrat) menyiapkan puluhan personil untuk melayani kepulangan jamaah haji asal Sulawesi Utara (Sulut) pada Minggu subuh ini.

"Persiapan personil untuk melayani kepulangan jamaah haji pada hari ini yakni Avsec 25 personil, BKO TNI AU sebanyak enam personil, dan POLRI enam personil," kata GM Bandara Samrat Maya Damayanti di Manado, Minggu.

Dia menjelaskan, pihaknya sangat siap untuk melayani selama beberapa hari ke depan untuk kepulangan jamaah haji di Sulut.

Khusus untuk kedatangan berlangsung pada tanggal 30 Juni sampai dengan 3 Juli 2024, pada pukul 04:00 WITA.

Pihaknya mengharapkan semua personil dapat melayani dengan baik, karena jamaah haji sebagian adalah lanjut usia (lansia).  "Prioritaskan jamaah haji lansia," katanya.

Kakanwil Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Utara (Sulut) Sarbin Sehe menjelaskan, jamaah haji asal Kota Kotamobagu dan Kabupaten Bolaang Mongondouw (Bolmong) rencananya tiba pertama di Kota Manado.

"Pada penerbangan pertama ini ada sebanyak 321 orang haji asal Kota Kotamobagu dan Kabupaten Bolaang Mongondouw," katanya.

Secara keseluruhan jamaah haji asal Sulut beranggotakan sebanyak 712 orang, dan yang meninggal di tanah suci satu orang.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji Dan Umrah (PHU) Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara Wahyudin Ukoli mengatakan, jamaah dijemput langsung oleh PPIHD, juga dari panitia Kemenag Sulut di Bandara, serta keluarga dan langsung diberangkatkan ke Kotamobagu dan Bolmong pada waktu itu juga.

Nampak di Bandara Samrat ratusan warga yakni dari kalangan keluarga yang datang untuk menjemput jamaah haji setempat.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024