Manado (ANTARA) -
Kantor SAR Manado, Sulawesi Utara melalui program SAR Goes To School mengajarkan anak sekolah cara melakukan evakuasi mandiri saat terjadinya bencana alam.
 
"Evakuasi mandiri merupakan penyelamatan diri sendiri di tengah ancaman bencana alam yang dapat mengancam jiwa baik orang dewasa maupun anak anak," kata Humas Kantor SAR Manado Nuriadin Gumelang di Manado, Jumat.
 
Memberikan edukasi kepada anak-anak mulai tingkat TK, SD, SMP dan SLTA dengan menekankan pentingnya kesadaran keselamatan sejak dini.
 
"Anak-anak perlu adanya bimbingan dari semua pihak, baik keluarga, sekolah maupun lingkungannya. Melalui program SAR Goes to school, kami ingin memastikan bahwa mereka memiliki pengetahuan yang cukup untuk menghindari situasi berbahaya di manapun," ujarnya.
 
Melalui program ini, kata dia, diharapkan dapat memberikan pemahaman bencana kepada anak usia dini. Ancaman bencana alam seperti tenggelam, banjir, dan gempa bumi dapat terjadi kapan saja
 
"Melalui program SAR Goes to School kami ingin memberikan pemahaman kepada anak usia dini sampai pelajar tentang langkah-langkah penyelamatan diri yang tepat dalam situasi-situasi darurat," katanya.
 
Pada kegiatan tersebut Humas SAR Manado juga membagikan buku kepada siswa yang mempelajari tentang Ilmu dasar SAR yang diterbitkan oleh Basarnas.
 
Provinsi Sulawesi Utara rentan bencana banjir dan tanah longsor, selain itu daerah ini berpotensial letusan gunung api, tsunami karena termasuk daerah yang dilintasi 'Cincin Api' atau 'Ring of Fire'.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024