Manado (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) terus meningkatkan kualitas kerukunan antar umat beragama di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Jumat.

"Hubungan antara umat beragama dengan pemerintah sangat penting dan menjadi salah satu indikator utama stabilitas nasional demi kelanjutan pembangunan bangsa yang bermartabat, adil, maju dan sejahtera lahir batin," kata Kakanwil Kemenag Sulut H Sarbin Sehe, dalam rapat rutin Komite Intelijen Daerah (Kominda) Provinsi Sulut jelang Hari Raya Idul Adha 1445 H, di Manado, Jumat.

Dia mengatakan pemerintah melalui Kementerian Agama terus meningkatkan kualitas kerukunan umat beragama antara lain melalui pembinaan internal umat dan penguatan moderasi beragama.

"Kerukunan umat beragama menjadi indikator utama stabilitas nasional dan kelanjutan pembangunan," jelasnya. 

Karena itu, Kementerian Agama Sulut terus meningkatkan kualitas kerukunan melalui penguatan moderasi beragama dalam sinergi dan kolaborasi dengan semua pihak.

Kakanwil berterima kasih dan memberi apresiasi kepada Kominda Sulut yang terus bersinergi dan berkolaborasi serta cepat respons dengan berbagai potensi kerawanan yang ada di Sulawesi Utara demi kebaikan masyarakat.

Rapat dipimpin oleh Kabinda Sulut Brigjen TNI Raymond Marojahan serta dihadiri oleh utusan dari berbagai instansi untuk membahas isu-isu aktual dan potensi kerawanan terkait situasi politik, keamanan, sosial dan ekonomi di Sulawesi Utara serta analisis sosial dan solusi strategis yang ditemukan.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024