Manado (ANTARA) - PT PLN Nusantara Power Unit Pelaksana Pengendalian Pembangkit (UPDK) Minahasa terus meningkatkan pengelolaan lingkungan berkelanjutan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Hal ini kami lakukan sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan," kata Manager UPDK Minahasa Muhaimin di Tondano, Selasa.

Muhaimin mengatakan PT PLN Nusantara Power UPDK Minahasa mendapatkan apresiasi berupa Sertifikat Proper dalam Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Proper tahun 2023 - 2024.

UPDK Minahasa telah menerima penghargaan atas komitmen dan dedikasinya terhadap praktik-praktik berkelanjutan dan pengelolaan lingkungan yang bertanggung jawab, berupa Sertifikat Proper Biru untuk UL PLTD Bitung, UL PLTD Lopana, UL PLTD Kotamobagu, dan UL PLTD Tahuna.

Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Proper merupakan inisiatif pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk menghargai perusahaan-perusahaan yang telah mematuhi regulasi lingkungan dan menunjukkan kepedulian yang tinggi terhadap pelestarian lingkungan hidup dalam kegiatan operasional mereka.

Melalui upaya-upaya berkelanjutan yang terintegrasi, PT PLN Nusantara Power UPDK Minahasa telah berhasil memenuhi standar ketat yang ditetapkan untuk lingkungan hidup.

"Prestasi ini adalah hasil dari komitmen berkelanjutan PT PLN Nusantara Power UPDK Minahasa dalam menjalankan praktik-praktik operasional yang ramah lingkungan," jelasnya.

Perusahaan ini telah mengambil berbagai langkah untuk memastikan bahwa kegiatan operasionalnya tidak hanya memenuhi persyaratan hukum yang berlaku tetapi juga memberikan dampak positif pada lingkungan sekitar.

PT PLN Nusantara Power UPDK Minahasa berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerjanya dalam hal keberlanjutan lingkungan dan akan terus berupaya menjadi teladan dalam industri ini, dengan secara bertahap melakukan implementasi yang sama di unit-unit pengelolaan PT PLN Nusantara Power UPDK Minahasa, di antaranya implementasi Proper PLTA Tanggari 2 pada tahun 2024.

Melalui kolaborasi yang lebih lanjut dengan pemerintah, masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya, PT PLN Nusantara Power UPDK Minahasa yakin dapat menciptakan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024