Manado, (ANTARASulut) - Bertempat di St. Regis Hotel, Beijing Presiden RI Joko Widodo mengadakan briefing dengan Gubernur Sulawesi Utara Dr. Sinyo Harry Sarundajang.

Gubernur pun secara lugas, tegas dan bersahaja menyampaikan kesiapan daerah menyambut investasi Tiongkok untuk pengembangan kawasan industri di Kawasan Ekonomi Khusus Kota Bitung – Kabupaten Minahasa Utara, pembangunan infrastruktur jalan tol, industri perikanan dan agroindustri.  

Presiden Jokowi mengaku kagum dengan terobosan dari Gubernur Sarundajang.  Presiden menginginkan kalau bisa ground breaking pembangunan kawasan industri dipercepat dan dilaksanakan pada bulan Mei tahun ini.   

Dalam pertemuan yang penuh keakraban, Presiden memuji kegigihan Gubernur Sulawesi Utara, “Kalau semua Gubernur di Indonesia seperti Pak Sarundajang, saya yakin kita banyak berhasil dalam percepatan pembangunan nasional.

Sebelumnya, Presiden Jokowi merasakan publik transportasi di Beijing, dengan menggunakan kereta api di Dongzhimen Subway Station.  

Presiden didampingi Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani, Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang, dan President of China Railway Sheng Guangzu.  

Saat melakukan uji coba, Presiden Joko Widodo mengaku kagum menyaksikan pesatnya kemajuan sistem transportasi massal di Beijing, Tiongkok.  Moda transportasi massal Kereta Ekspres Bandara dari stasiun kereta bawah tanah (subway) Dongzhimen menuju Bandara Internasional Capital, yang ditempuh selama 25 menit.***adv***


Pewarta : Oleh Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024